Tracing Kasus Corona di Warung Makan Klaten, Ditemukan 21 Kontak Erat

Achmad Syauqi - detikNews
Sabtu, 03 Okt 2020 19:06 WIB
Warung makan di Klaten yang saat ini tutup karena kasus Corona, Sabtu (3/10/2020).
Warung makan di Klaten yang saat ini tutup karena kasus Corona, Sabtu (3/10/2020). (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Enam orang dinyatakan terpapar virus Corona atau COVID-19 dari hasil tracing satu kasus positif di sebuah warung makan di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Hasil tracing lanjutan, ditemukan 21 orang kontak erat.

"Untuk Desa Wadung Getas tracing dan ada 21 orang yang bisa dilacak. Rencananya hari Senin (5/10) akan dilakukan swab," kata Camat Wonosari M Nur Rosyid saat ditemui detikcom di kantornya, Sabtu (3/10/2020).

Menurutnya, 21 orang itu di-tracing setelah ada enam orang positif Corona di sebuah warung makan di Desa Wadung Getas. Sedangkan di Desa Tegalgondo, tidak ditemukan adanya kontak erat.

"Untuk Desa Tegalgondo tracing juga sudah kemarin tapi tidak ditemukan kontak erat. Desa itu hanya ada yang positif tiga orang dari kontak warung," jelas Rosyid.

Menurut Rosyid, wilayah Kecamatan Wonosari banyak menyumbang kasus positif Corona. Hal itu tidak lepas dari kondisi wilayah.

"Sebab di daerah perbatasan. Malah orang Wonosari itu kalau ditanya Sukoharjo dan Solo lebih paham dari wilayah Klaten sendiri sebab perbatasan," terang Rosyid.

Terpisah, Kepala Desa Wadung Getas, Gatot Sriyanto, mengatakan setelah terjadi penularan, warung makan di wilayahnya itu ditutup. Warung ditutup agar tidak terjadi penularan lebih lanjut.

"Warung masih tutup untuk pengondisian. Untuk yang berhasil di-tracing ada 21 orang dan semua warga Desa Wadung Getas," ucap Gatot saat dihubungi detikcom.

Dengan temuan orang sebanyak itu, ucap Gatot, jumlah terkonfirmasi positif masih tiga orang dan 21 menunggu swab. Warga berharap kondisi segera normal.

"Warga berharap segera normal dan tidak terjadi penularan. Semoga yang 21 juga negatif," ujar Gatot.

Diberitakan sebelumnya, enam orang dinyatakan positif virus Corona atau COVID-19 dari hasil tracing kasus di sebuah warung makan di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Enam orang itu merupakan kontak erat seorang perempuan pemilik warung makan yang lebih dulu kena Corona.

"Enam orang itu hasil tracing dari J, perempuan yang sudah dirilis. J itu yang punya rumah makan," kata Camat Wonosari, M Nur Rosyid, saat dihubungi detikcom, Jumat (2/10/2020).

"Tiga orang dari Desa Wadung Getas itu karyawannya dan tiga orang yang dari Desa Tegalgondo itu keluarganya," sambungnya.

Menurut Rosyid, mereka sudah menjalani perawatan dan diisolasi sejak tiga hari yang lalu. Namun dia tak memerinci kapan J dinyatakan positif Corona dan kapan hasil tracing yang menyatakan enam orang juga positif Corona itu keluar.

(rih/rih)