Sandiaga Uno Jadi Jurkam Gibran-Teguh di Pilkada Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 02 Okt 2020 13:20 WIB
Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa kampanye virtual, Solo, Minggu (27/9/2020).
Gibran Rakabuming Raka saat kampanye virtual Pilkada Solo. Foto: (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno bakal menjadi juru kampanye pasangan calon Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa di Pilkada Solo 2020. Hal tersebut menambah daftar tokoh nasional yang bakal berkampanye untuk putra Presiden Joko Widodo.

"Bang Sandi ini kan sangat nyambung dengan Mas Gibran, terutama masalah UMKM," kata Ketua DPC Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno saat dihubungi detikcom, Jumat (2/10/2020).

Ardi mengaku proses komunikasi hingga akhirnya Sandiaga menjadi jurkam terjadi di tingkat pusat. Dia menyebut Sandi bersedia menjadi jurkam karena memiliki hubungan dekat dengan Joko Widodo dan Megawati Soekarnoputri.

"Bang Sandi sendiri kan dekat dengan Pak Jokowi. Ketum kami (Prabowo) juga dekat dengan Pak Jokowi dan Bu Mega," ujar dia.

Namun terkait teknis kampanye, Ardi mengaku belum menentukan metode yang akan digunakan. Sebab saat ini ruang gerak kampanye sudah sangat dibatasi.

"Sistem yang akan dipakai apa belum tahu, karena kan sangat dibatasi sekarang," katanya.

Sebelumnya diberitakan, selain Sandiaga sudah ada Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani yang masuk dalam daftar jurkam Gibran-Teguh di Pilkada Solo. Sandiaga tak hanya menjadi jurkam Gibran, tapi juga masuk tim pemenangan Bobby Nasution, menantu Jokowi yang berlaga di Pilkada Medan.

Diwawancara terpisah, Gibran Rakabuming Raka menyebut Sandiaga hingga Megawati menjadi juru kampanye yang digelar secara virtual. Sebab tidak ada kampanye terbuka dalam Pilkada kali ini.

"Tapi nanti mungkin kita kemas juga secara daring. Tidak mungkin nanti Bu Mega, Pak Sandi dan lain-lain kita datangkan di kampung-kampung. Kampanye akbar di lapangan kan sudah nggak ada," kata Gibran saat dijumpai di Ndalem Wuryoningratan, kompleks Batik Danar Hadi Solo, hari ini.

Namun Gibran mengaku belum mengetahui jadwal kampanye yang akan diikuti para juru kampanye tersebut. Tim pemenangan, kata Gibran akan menyesuaikan jadwal para tokoh tersebut.

Menanggapi masuknya Sandiaga menjadi juru kampanye, Gibran mengaku senang. Dia yakin kemunculan Sandiaga akan mendapatkan respons positif dari masyarakat.

"Nanti menyesuaikan jadwal beliau-beliau," katanya.

(sip/ams)