Ada Pegawai Kena Corona, Kantor Dinas Catatan Sipil Blora Ditutup

Febrian Chandra - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 11:45 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi virus Corona. (Foto: Edi Wahyono)
Blora -

Seorang pegawai di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Blora terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19 melalui hasil swab. Atas kondisi tersebut pelayanan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Blora ditutup sementara selama sepekan ke depan.

"Iya ada (pegawai) yang positif (virus Corona). Untuk pelayanan langsung datang ke kantor kita tutup seminggu. Kita hanya melayani pelayanan pengajuan online," kata Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Blora Agus Listioyono saat dihubungi detikcom, Senin (28/9/2020).

Agus mengatakan seorang pegawai yang positif virus Corona itu bekerja di bagian penerima layanan. Diduga pegawai itu tertular dari keluarganya.

"Ada keluarga dari pegawai itu yang positif COVID -19. Kemungkinan tertular melalui keluarga," terang Agus.

Saat ini puluhan pegawai di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Blora telah diambil sampel lendir untuk dilakukan tes swab. Dari 53 orang pegawai yang ada, sudah 45 orang yang sudah menjalani tes swab.

"Tadi pagi ada tes swab secara massal. Ada 40 orang yang mengikuti tes swab massal, lima orang sudah duluan melakukan tes swab," terangnya.

Agus menguraikan, selain itu juga dilakukan langkah sterilisasi di dalam kantor dengan dilakukan penyemprotan cairan disinfektan. Selain itu, pelayanan tatap muka di kantor tersebut ditiadakan. Semua pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Blora dialihkan secara online.

"Bagi yang sudah mengajukan lewat online tetap kita layani. Namun untuk pengambilan berkas pengajuan di kantor kita tutup sementara waktu," jelasnya.

(mbr/sip)