Gibran Awali Kampanye dengan Blusukan Virtual ke Kampung Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Sabtu, 26 Sep 2020 18:53 WIB
Cawalkot Solo Gibran Rakabuming Raka blusukan virtual lewat TV portabel ke Kampung Solo. TV portabel ini diperkenalkan di hari pertama Gibran kampanye, Sabtu (26/9/2020)
Cawalkot Solo Gibran Rakabuming Raka blusukan virtual lewat TV portabel di Kampung Solo (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Memulai masa kampanye, Calon Wali Kota (Cawalkot) Solo Gibran Rakabuming Raka melakukan blusukan virtual. Dia bertatap muka secara virtual dengan warga kampung melalui televisi portabel.

Kali ini, dia blusukan di Kampung Bonorejo, Kelurahan Nusukan, Banjarsari, Solo, Sabtu (26/9). Gibran sendiri berada di posko pemenangan Gibran-Teguh di kawasan Manahan, Solo.

Terlihat tim Gibran berjumlah kurang dari 10 orang hadir di tengah kampung membawa kotak kampanye virtual. Kotak ini dilengkapi televisi, kamera, mikrofon dan roda untuk berkeliling.

"Menggunakan daya baterai/aki, ada inverter yang bisa menghidupkan tv, sound, laptop. Alat ini portabel, bisa dibawa ke mana-mana sehingga tidak membutuhkan daya listrik," kata teknisi alat, Chandra di sela-sela kegiatan blusukan, Sabtu (26/9/2020).

Sementara itu, warga tetap berada di depan rumah masing-masing. Dari televisi, Gibran menyapa satu per satu warga.

Warga yang ingin menyampaikan aspirasi dapat mendekati televisi dan mengobrol dengan Gibran. Salah satu warga menanyakan terkait program utama Gibran-Teguh.

"Mewujudkan Kota Surakarta sebagai kota budaya yang modern, tangguh, gesit, kreatif dan sejahtera. Nanti program yang paling utama ialah percepatan pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19," jawab Gibran.

Lewat keterangan tertulisnya, Gibran mengatakan model blusukan online tersebut bisa menjadi percontohan inovasi kampanye di masa pandemi. Dia berharap dengan memperbanyak kampanye virtual, Pilkada berjalan lancar dan masyarakat tetap sehat.

"Blusukan online dilakukan karena masih kondisi pandemi. Jadi kita bisa terhindar dari kerumunan, demi mewujudkan Pemilune Slamet, Wargane Iso Ngliwet (Pemilu selamat, warga bisa menanak nasi/makan)," tutupnya.

(bai/ams)