Calon Tunggal di Boyolali Janji Tak Kerahkan Massa Selama Kampanye

Ragil Ajiyanto - detikNews
Sabtu, 26 Sep 2020 13:34 WIB
Paslon tunggal M. Said Hidayat dan Wahyu Irawan saat menghadiri ikrar kampanye damai Pilkada Boyolali, Sabtu (26/9/2020)
Paslon tunggal Pilkada Boyolali M. Said Hidayat dan Wahyu Irawan (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Pilkada Boyolali hanya diikuti calon tunggal yakni paslon M Said Hidayat dan Wahyu Irawan. Kedua paslon yang diusung PDIP ini berjanji tak akan mengerahkan massa selama kampanye dan bakal door to door selama pandemi virus Corona (COVID-19).

"Kita dari calon dan tim kampanye berkomitmen kuat, tidak akan melakukan kampanye dengan hal-hal yang sekiranya mengganggu keamanan dan ketertiban," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDIP Boyolali, Marsono, ditemui usai mengikuti ikrar kampanye damai di halaman kantor KPU Boyolali, jalan Perintis Kemerdekaan, Sabtu (26/9/2020).

Sekretaris DPC PDIP Boyolali ini juga memastikan tidak akan mengerahkan massa dalam jumlah besar selama masa kampanye. Tak hanya itu, dalam masa kampanye ini pihaknya juga sekaligus menyosialisasikan COVID-19.

"Itu pasti, yang kami lakukan adalah justru kami mencari simpati untuk dukungan masyarakat dengan cara yang elok. Salah satunya selain kami mengkampanyekan calon, kami juga mengkampanye terkait dengan pencegahan COVID-19. Sekali mendayung dua pulau terlampaulah. Prinsipnya kami tidak mau dalam Pilkada ini muncul klaster (COVID-19) baru," terang dia.

Dia juga berharap saat pemaparan visi misi yang harus diikuti oleh pasangan calon, nantinya bisa dilaksanakan secara daring. Pihaknya juga bakal memaksimalkan anggota DPRD Boyolali dari Fraksi PDIP untuk kampanye door to door ke masyarakat.

"Kemudian yang untuk masyarakat, kami mengandalkan seluruh anggota Dewan kami untuk door to door. Kita juga tidak mengumpulkan massa, kami punya 35 anggota dewan di seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Boyolali, itu yang kami manfaatkan semaksimal mungkin," jelas Marsono.

Paslon M Said Hidayat-Wahyu Irawan maju Pilkada Boyolali diusung enam parpol, yakni PDIP, Golkar, PKB, Gerindra, PPP, dan NasDem. M Said Hidayat merupakan Wakil Bupati petahana Boyolali sedangkan Wahyu Irawan adalah mantan Dirut Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Tirta Ampera Boyolali.

KPU Boyolali menggelar ikrar kampanye damai di hari pertama kampanye Pilkad Boyolali 2020. KPU Boyolali mendorong kampanye di masa pandemi Corona dilakukan secara daring.

"Kita melaksanakan tahapan kampanye di hari pertama itu kita melaksanakan ikrar kampanye damai. Tadi sudah ada komitmen dari tim kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Boyolali, untuk tetap taat kepada protokol kesehatan, kemudian melaksanakan kampanye taat kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Ketua KPU Boyolali, Ali Fahrudin.

(ams/ams)