Round-Up

Kerumunan di Angkringan yang Bikin Pemda DIY Berang

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 08:21 WIB
Kerumunan di angkringan kopi Jos Yogyakarta, Senin (21/9/2020).
Foto: Kerumunan di angkringan kopi Jos Yogyakarta, Senin (21/9/2020). (Tangkapan layar akun Twitter @DosenGarisLucu)
Yogyakarta -

Video yang memperlihatkan suasana ramainya pembeli tanpa protokol kesehatan di angkringan kopi jos di dekat Stasiun Tugu Yogyakarta viral di media sosial. Akibatnya, baik Pemda dan Pemkot mengancam menutup angkringan jika kejadian serupa terulang kembali.

Video itu diunggah akun Twitter @DosenGarisLucu pada Minggu (20/9) malam. Dengan durasi 14 detik, video itu diberi keterangan sebagai berikut:
"Yogyakarta, protokol kesehatan sudah diabaikan. Saatnya tarik rem darurat di kota pendidikan."

Beberapa respons netizen di antaranya @BuruhYogyakarta yang mencuit, "Jangan cuma nyalahin wisatawan, toh gak bisa diitung juga itu berapa banyak yg wisatawan, berapa yg lokal. Lha Pemda & Gubernur aja gak serius nanganin, malah hobi buat pernyataan ngawur di media, sementara buzzeRp Pemda DIY juga ngiklan wisata & romantisasi terus."

Saat dimintai konfirmasi, Kepala Satpol PP Kota Yogyakarta, Agus Winarto, mengungkap video itu merupakan suasana di dekat Stasiun Tugu pada Sabtu (19/9/2020) malam.

"Jadi benar, dua malam yang lalu, Sabtu (19/9) malam. Jadi setelah selesai (operasi) di (Tugu Pal Putih) Tugu kita ke selatan (Malioboro) dan terjadi kerumunan yang luar biasa," katanya saat dihubungi detikcom, Senin (21/9/2020).

"Saat itu sepertinya ada ratusan orang di sana (kopi jos) dan sudah kita beri tahu," lanjutnya.

Berkaca dari kejadian tersebut, Satpol PP Kota Yogyakarta memberi ultimatum akan menutup angkringan itu jika tetap tak menerapkan protokol kesehatan. Semua itu untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali.

"Belum (diberi sanksi saat hari Sabtu), tapi kalau lagi (kejadian lagi) dan tidak mau menerapkan protokol akan saya tutup itu. Yang jelas nanti pemiliknya kita panggil, kalau nggak Selasa ya hari Rabu," ujar Kepala Satpol PP Kota Yogyakarta, Agus Winarto, saat dihubungi detikcom, Senin (21/9/2020).

Agus menyebut ada ratusan orang yang tengah berada di area angkringan kopi jos pada Sabtu lalu. Di mana sebagian besar dari mereka abai akan protokol kesehatan.

"Saat itu sepertinya ada ratusan orang di sana (kopi jos) dan sudah kita beritahu," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2