Pasar Wage Purwokerto Dilalap Si Jago Merah, 100 Kios-Los Terbakar

Arbi Anugrah - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 11:09 WIB
Kebakaran di Pasar Wage Purwokerto
Para pedagang Pasar Wage menyelamatkan dagangannya (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)
Banyumas -

Kebakaran melanda Pasar Wage Purwokerto, Banyumas dini hari tadi. Sebanyak 100 kios dan los terbakar dalam peristiwa itu.

"Ini yang terbakar dua lantai, yang sebelah aman. Jadi yang dalam, cenderung los sama kios depan sebelah utara. Los ada sekitar 40 ada, terus atas itu juga banyak (yang terbakar), saya tidak bisa ngitung, rata soalnya. (Yang terbakar sekitar) 100-an ada itu los dan kios ya," ujar Kepala UPTD Pasar Wage Purwokerto Arif Budiman kepada wartawan di lokasi kejadian, Senin (21/9/2020).

Arif mengatakan belum bisa memastikan jumlah kerugian akibat kebakaran tersebut. Pasalnya banyak pedagang yang saat kejadian tidak sempat menyelamatkan barang dagangannya.

"Kalau kerugian saya tidak bisa mengira-ngira, soalnya pedagang remuk semuanya. Saya ke sini, yang dagang itu sudah tidak bisa ngambil dagangannya terutama atas. Bawah (ada kios) tutup lagi belum buka," ujarnya.

Diwawancara terpisah, salah seorang pedagang Pasar Wage, Warsini menceirtakan dirinya tak sempat menyelamatkan barang dagangannya dari amukan api. Saat kejadian dia dan banyak pedagang lain hanya fokus menyelamatkan diri.

"Karena apinya sudah besar sekali di bawah dan di atas sudah panas. Jadi panik pada lari semuanya, saya tidak mikir dagangan langsung kabur aja," ceritanya.

Saat ditemui, Warsini tengah duduk sendirian dengan wajah yang terlihat kebingungan. Beberapa kali dia terlihat menghubungi saudaranya.

Warsini bercerita, kebakaran terjadi pada saat dia baru berjualan selama 20 menit. Api kemudian tampak membakar lantai 1 pasar pada sekitar pukul 03.30 WIB.

Selanjutnya
Halaman
1 2