Populer di Jateng Pekan Ini

Wabup Petahana Demak Tak Lolos Tes Kesehatan Pilkada

Mochmad Saifudin - detikNews
Minggu, 20 Sep 2020 08:48 WIB
Ali Mahsun mendaftar gantikan Cawabup petahana Demak yang tak lolos tes kesehatan, Rabu (16/9/2020).
Foto: Ali Mahsun mendaftar gantikan cawabup petahana Demak yang tak lolos tes kesehatan, Rabu (16/9/2020). (Mochamad Saifudin/detikcom)

Senada juga dengan Sekretaris DPC PKB Demak, Zayinul Fata. Dirinya menyampaikan pergantian calon tidak mengubah dukungan dari partai pengusung. Pihaknya menyampaikan parpol tetap solid mendukung Eisti dan Ali, yang mana Ali Makhsun merupakan salah satu tokoh partainya dan pengasuh pondok pesantren tersebut.

"(Ali Makhsun) Rois Syuriah NU Mranggen, Ketua Dewan Syuro DPC PKB Demak. Pengasuh Pondok Pesantren Al Amin, Suburan, Mranggen, Demak," jelas Fata.

"Insyaallah dari segi kekuatan koalisi tidak akan mengurangi kesolidan kekuatan koalisi. Kompak dan solid untuk mengusung Mbak Eisti dan Pak Haji Ali Makhsun, selaku pengganti Pak Joko Sutanto," ujarnya.

Eisti dan Ali pun mampu melengkapi dokumen perbaikan ke KPU Demak. KPU Demak menyatakan berkas calon pengganti yakni Ali Makhsun lengkap untuk selanjutnya diperiksa keabsahannya.

"Statusnya (calon pengganti) lengkap, tapi keabsahannya masih kita lakukan verifikasi," jelas Ketua KPU Demak Bambang Setya Budi usai meneliti persyaratan calon pengganti, Rabu (16/9).

Bambang menjelaskan, pemeriksaan kesehatan Ali Makhsun di RSUP Kariadi, Semarang dilakukan 17 September 2020, selanjutnya pihaknya akan menetapkan hasil verifikasi dari proses perbaikan pada 23 September 2020.

"Dokumen pencalonan statusnya sudah memenuhi syarat, sah. Terkait dokumen persyaratan calon, statusnya masih akan kita verifikasi lebih lanjut, setelah itu akan ditetapkan pada tanggal 23 September 2020," jelasnya.

"Perbaikan itu hanya dilakukan sekali yaitu pada tanggal 14-16 September 2020," imbuh Bambang.

Halaman

(rih/rih)