Kasihan... Ada Hiu Paus Bolak-balik Terdampar di Pantai Kulon Progo

Sayoto Ashwan - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 17:51 WIB
Hiu Paus yang bolak-balik terdampar di Pantai Kulon Progo, Kamis (27/2/2020).
Hiu paus yang bolak-balik terdampar di Pantai Kulon Progo, Kamis (27/2/2020). (Foto: dok. Istimewa)
Kulon Progo -

Seekor hiu paus (Rhincodon typus) terdampar beberapa kali di perairan selatan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hiu paus, yang oleh warga Kulon Progo dikenal dengan nama geger lintang, ini disebut-sebut beberapa kali terdampar sejak pekan lalu.

"Sejak minggu lalu, ikan ini muncul di pantai. Mungkin ikannya sama yang muncul di Glagah dan Garongan," jelas Koordinator SAR Linmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulonprogo, Samsudin, di Pantai Glagah, Kulon Progo, Kamis (27/2/2020).

Menurutnya, ikan ini sebelumnya terdampar di pantai di perbatasan Pantai Glagah dan Congot. Ikan ini sempat berada di tepi dan menarik perhatian wisatawan. Beberapa kali ikan ini terempas gelombang hingga akhirnya kembali ke tengah lautan.

Tim SAR kemudian mendapatkan laporan hiu paus tersebut kembali terdampar di Pantai Garongan pada Rabu (26/2). Namun ikan tersebut akhirnya kembali bisa berenang ke tengah laut.

"Tadi pagi kabarnya muncul lagi di dekat pemecah gelombang. Kemungkinan ikannya sama, panjangnya sekitar 3 meter," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2