2 Peserta Seleksi CPNS Kena Corona, Tes Akan Dijadwalkan Ulang

Saktyo Dimas R - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 20:33 WIB
Jumpa pers seleksi CPNS Pemkab Kendal, Jumat (18/9/2020).
Jumpa pers seleksi CPNS Pemkab Kendal, Jumat (18/9/2020). (Foto: Saktyo Dimas R/detikcom)
Kendal -

Sebanyak dua orang peserta tes CPNS Pemkab Kendal formasi tahun 2019 positif virus Corona atau COVID-19. Keduanya tak diizinkan ikut tes sesuai jadwal pada 19 September besok dan akan dijadwalkan ulang.

"Memang ada dua peserta dari luar wilayah Kendal namun KTP-nya beralamat di Kendal yang positif COVID-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Ferinando Rad Bonay saat ditemui detikcom di kantornya, Jumat (18/9/2020).

Ferinando menjelaskan keduanya disarankan untuk tidak mengikuti tes seleksi kompetensi bidang (SKB) lantaran belum melewati batas masa karantina selama 14 hari. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisir terjadinya penularan kepada para peserta lain dalam satu tempat.

"Makanya kita tidak berikan rekomendasi untuk tes seleksi dan menginstruksikan agar BKPP (Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan) bisa meminta penjadwalan ulang khusus dua orang itu," ujarnya.

Menurutnya, Dinkes Kendal telah menerjunkan petugas untuk memantau perkembangan kesehatan para peserta maupun panitia tes CPNS. Selain itu, seluruh panitia tes SKB juga diharuskan melaksanakan rapid tes setelah proses penyelenggaraan tes SKB selesai.

Hal tersebut untuk memastikan dan memantapkan diri tetap sehat sebelum kembali kepada keluarga masing-masing.

"Untuk rapid tes peserta memang dilakukan secara mandiri. Jika ada yang tidak punya biaya untuk rapid, kita bantu untuk rapid. Untuk tes swabnya semua gratis dengan datang langsung ke RSDC Kendal," ujarnya.

Pelaksanaan seleksi CPNS Pemkab Kendal akan dilaksanakan di lima lokasi yakni di BKN pusat Jakarta, Hotel UTC Semarang, BKN regional II Surabaya, BKN regional II Bandung dan BKN regional I Yogyakarta.

Dua orang positif itu merupakan peserta di Hotel UTC Semarang, Sabtu (19/9) besok. Total ada 692 peserta yang akan melakukan tes di Hotel UTC Semarang.

"Panitia nantinya akan menjadwalkan ulang setelah dilaporkan ke BKN pusat karena panitia tidak bisa membatalkan hanya menjadwalkan ulang," kata Kepala BKPP Kendal, Cicik Sulastri saat dimintai konfirmasi secara terpisah hari ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2