Round-Up

Kenangan Liburan Terakhir Keluarga dengan Rinaldi yang Tewas Dimutilasi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 11:20 WIB
Rinaldi Harley Wismanu (32) menjadi korban mutilasi dan mayatnya ditemukan di Apartemen Kalibata City, Jaksel. Saat ini rumah duka di Sleman, DIY, mulai didatangi pelayat.
Rumah duka Rinaldi Harley Wismanu di Sleman. (Foto: Pius Erlangga/detikcom)
Yogyakarta -

Kematian tragis Rinaldi Harley Wismanu (32) meninggalkan duka mendalam bagi keluarganya. Rinaldi yang tewas dibunuh dan dimutilasi sempat berlibur untuk terakhir kalinya dengan keluarga di Bromo, Jawa Timur.

"Terakhir itu ke Bromo bersama keluarganya. Kalau tidak salah antara Januari atau Februari. Pokoknya sebelum COVID-19," ujar salah seorang kerabat Rinaldi, Hendro, saat ditemui wartawan di rumah duka, Kampung Nologaten, Caturtunggal, Depok, Sleman, Kamis (17/9/2020).

Hendro bercerita Rinaldi merupakan anak sulung dan menjadi tulang punggung keluarganya. Selama pandemi Corona, Rinaldi memang belum pernah pulang lagi ke Sleman.

Meski terpisah jarak, Rinaldi dan keluarganya di Sleman berkomunikasi secara rutin. Sehingga ketika Rinaldi tak bisa dihubungi, keluarga merasa khawatir.

Pihak keluarga melaporkan kehilangan Rinaldi ke Polda Metro Jaya. Selanjutnya sang ayah menyusul ke Jakarta, Selasa (15/9).

"Ini bapak dan adiknya masih di sana (Jakarta) untuk mengurus atas temuan (jenazah) itu. Saya tahunya semalam (16/9) dikasih tahu kabar ini," bebernya.

Tonton video 'Keluarga Korban Mutilasi Minta Pelaku Dihukum Setimpal!':

[Gambas:Video 20detik]



Adik sepupu Rinaldi, Sadana Niempuna (29), menambahkan keluarga berharap pelaku pembunuhan sadis saudaranya itu dihukum setimpal. Dana, sapaannya, menuturkan dari informasi terakhir jenazah masih menunggu hasil tes DNA. Oleh karenanya, keluarga belum bisa memastikan kapan jenazah tiba dari Jakarta dan dimakamkan.

"Untuk informasi terakhir yang didapat keluarga itu sedang tes DNA, kemungkinan hasilnya baru besok pagi, jadi baru diketahui kepastiannya besok pagi, itu masih kemungkinan," kata Dana di rumah duka, Sleman, kemarin.

Pihak keluarga berencana untuk memakamkan jenazah di Makam Nologaten yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah duka. "Nanti dimakamkan di depan (menunjuk ke Makam Nologaten). Itu makam trah juga," ucapnya.

Rinaldi dihabisi oleh sepasang kekasih Laeli Atik Supriyatin (27) dan Djumadil Al Fazri (26) di Apartemen Pasar Baru Mansion, Jakarta Pusat. Setelah dimutilasi, jasad Rinaldi dipindah ke Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan.

Polisi mengungkap aksi sadis kedua pelaku ini bermotif ingin menguasai harta korban. Keduanya menguras uang Rp 97 juta dari ATM korban. Saat ini mereka telah ditahan di Polda Metro Jaya dan terancam hukuman mati karena melakukan pembunuhan berencana.

(sip/mbr)