Lift Pribadi Ketua DPRD DIY Jatuh, Pihak Pemasang Angkat Bicara

Ristu Hanafi - detikNews
Selasa, 15 Sep 2020 20:07 WIB
Pengecekan kondisi lift pribadi Ketua DPRD DIY, Selasa (15/9/2020).
Pengecekan kondisi lift pribadi Ketua DPRD DIY, Selasa (15/9/2020). (Foto: Istimewa)
Yogyakarta -

Ketua DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Nuryadi patah kaki setelah lift pribadi di kantornya yang dia naiki jatuh siang tadi. Pemasang lift tersebut, Endah Subekti Kuntariningsih, angkat bicara terkait peristiwa tersebut.

Endah mengatakan lift itu sengaja dibuat atas permintaan Nuryadi karena faktor kesehatan.

"Kami yang buat. Sejak Pak Nuryadi dilantik jadi Ketua DPRD DIY," kata Endah saat dihubungi detikcom, Selasa (15/9/2020).

"Pak Nur memiliki gangguan kesehatan, penyumbatan di jantung, oleh dokter tidak disarankan naik-turun tangga. Jadi untuk menunjang ketugasan beliau, ditunjuk kami membuat alat bantu sederhana berupa lift manual," sambungnya.

Endah yang juga Ketua DPC PDIP Gunungkidul itu akhirnya membuatkan lift dengan ukuran seluruh rangkaiannya setinggi 3,8 meter yang menghubungkan ruang kerja Nuryadi. Endah menyebut dia ditunjuk koleganya itu untuk membuat lift, karena punya pengalaman bikin lift serupa di rumahnya yang berada di atas bukit.

"Lihat saya punya lift dengan panjang lintasan 40 meter atau seukuran 78 tangga manual. Jadi Pak Nuryadi minta bantuan kami, dengan biaya pribadi, bukan APBD," jelas Endah.

Endah memaparkan lift tersebut adalah lift manual tanpa sensor. Peruntukannya hanya untuk dipakai satu orang sehingga ukurannya tidak terlalu besar. Lift juga hanya Nuryadi yang bisa mengoperasikannya.

"SOP hanya Pak Nuryadi yang tahu, kunci manual juga hanya Pak Nuryadi yang memegang. Jadi tidak sembarangan orang bisa memakainya," kata dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2