Pendaftaran Bapaslon di Pilkada Wonosobo Juga Diperpanjang

Uje Hartono - detikNews
Senin, 07 Sep 2020 09:05 WIB
Ketua KPU Wonosobo, Asma’ Khozin - 7/9/2020
Asma' Khozin (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Wonosobo -

Waktu pendaftaran peserta Pilkada Wonosobo diperpanjang. Menyusul hanya ada satu pasangan calon yang mendaftar hingga batas akhir masa pendaftaran.

"Kami menunggu hingga batas akhir masa pendaftaran, tepatnya tadi malam pukul 00.00 WIB. Sampai batas akhir masa pendaftaran, hanya terdapat 1 paslon yang diterima pendaftarannya. Maka dari itu, sesuai aturan ada perpanjangan jika yang mendaftar hanya 1 Paslon," jelas Ketua KPU Wonosobo, Asma' Khozin, kepada detikcom, Senin (7/9/2020).

Ia menjelaskan, tahapan selanjutnya adalah melakukan sosialisasi pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo. Sosialisasi ini dilakukan selama tiga hari ke depan. "Untuk tahapan selanjutnya adalah sosialisasi. Waktunya tiga hari mulai hari ini, (7/9) sampai tanggal 9 September 2020," ujarnya.

Sedangkan masa perpanjangan pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo dilakukan selama tiga hari. Yakni mulai tanggal 10 September sampai 12 September 2020 pukul 00.00 WIB.

"Perpanjangan masa pendaftaran dari tanggal 10 September sampai tanggal 12 September 2020. Pada hari ketiga, kami tunggu sampai pukul 00.00 WIB," katanya.

Asma' mengatakan, sampai saat ini baru ada satu Paslon yang mendaftar ke KPU Wonosobo. Dari berkas yang diterima KPU, semua persyaratan dinyatakan lengkap. Namun, pihaknya tetap akan melakukan verifikasi faktual terkait beberapa data yang kerap ada gugatan.

"Untuk berkas pendaftaran dari Paslon yang sudah kami terima semuanya lengkap. Tetapi kami akan melakukan verifikasi faktual. Seperti ijazah, ini akan ada verifikasi faktual karena sering terjadi gugatan," terangnya.

Tonton video 'KPU Terima Pendaftaran 687 Bakal Paslon di Pilkada 2020':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)