Pendaftaran Pilwalkot Semarang Diperpanjang Hingga 12 September

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 07 Sep 2020 08:14 WIB
Pendaftaran bapaslon Pilwalkot Semarang diperpanjang
Pendaftaran bapaslon Pilwalkot Semarang diperpanjang. (Foto: Dok. KPU Kota Semarang)
Semarang -

Pendaftaran peserta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang akan diperpanjang oleh KPU. Hal itu karena baru satu bakal pasangan calon yang mendaftar hingga tengah malam tadi.

Pendaftaran sudah dibuka KPU Kota Semarang sejak hari Jumat (4/9) lalu hingga Minggu (6/9) pukul 24.00 WIB tadi. Namun baru pasangan petahana, Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu (Hendi-Ita) yang mendaftar.

Komisioner KPU Kota Semarang, Novi Maria Ulfah mengatakan perpanjangan pendaftaran tidak langsung dilakukan namun akan ada tahapan sosialisasi selama 3 hari ke parpol.

"Karena hanya ada satu Bapaslon yang mendaftar, maka KPU menunda perpanjangan pendaftaran, dengan melakukan sosialisasi ke parpol, LSM/ormas juga stakeholder selama 3 hari," kata Novi lewat pesan singkat, Senin (7/9/2020).

Rencana awal perpanjangan pendaftaran akan dimulai pada tanggal 11-13 September 2020, namun dari hasil rapat pleno tadi malam diputuskan pendaftaran dilakukan pada tanggal 10-12 September 2020.

"Setelah itu akan dibuka masa perpanjangan pendaftaran calon wali kota dan wakil wali kota Semarang selama 3 hari, terhitung sejak 10-12 September 2020," jelasnya.

Untuk diketahui, pasangan petahana Hendi-Ita sudah mendaftar di hari pertama. Mereka didukung seluruh partai yaitu PDIP, Gerindra, Demokrat, NasDem, Golkar, PKB, PSI, dan PKS yang memiliki kursi di DPRD Kota Semarang. Kemudian ada juga partai pendukung nonparlemen yaitu PPP, PKPI, Berkarya, PBB, dan Hanura.

Namun Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom mengatakan pihaknya tidak bisa langsung memberikan kepastian pasangan tersebut akan melawan kotak kosong. Hal itu karena masih memungkinkannya perubahan rekomendasi partai akibat dinamika politik yang bisa saja terjadi.

"Masih mungkin ya, karena yang keluarkan rekomendasi DPP partai. Selama masa tenggat waktu dibuka, ya ikuti saja," kata Nanda hari Jumat (4/9/2020) lalu.

(alg/mbr)