KPU Solo: Syarat Calon Pasangan Bajo Belum Lengkap!

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Minggu, 06 Sep 2020 13:55 WIB
Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) mendaftar ke KPU Solo
Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) saat mendaftar ke KPU Solo. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

KPU Solo menerima berkas persyaratan pendaftaran pasangan independen Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo). Namun ada berkas yang belum disertakan, seperti Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak.

"Statusnya kita terima berkasnya. Syarat pencalonannya lengkap, tetapi syarat calonnya masih kurang LHKPN dan SPT," kata Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, usai proses pendaftaran Bajo, Minggu (6/9/2020).

Menurutnya, Bajo masih bisa melengkapi berkas tersebut hingga 12 September 2020. Hingga waktu tersebut, KPU juga harus melakukan verifikasi terhadap berkas-berkas Bajo.

"Sesuai ketentuan memang masih bisa diperbaiki. Ini pun sudah ada keterangan bahwa syarat tersebut masih dalam proses," ujar Nurul.

Adapun beberapa berkas perlu diverifikasi kepada instansi terkait, yaitu pengadilan, kantor pajak hingga instansi pendidikan. Berbarengan dengan proses tersebut, kedua bakal calon peserta Pilkada Solo akan melakukan cek kesehatan.

"Sampai tanggal 12 September, secara paralel dengan pemeriksaan kesehatan tanggal 8-9, kami juga melakukan penelitian administrasi yaitu verifikasi ke instansi yang berwenang, seperti pengadilan, kantor pajak, instansi pendidikan terkait ijazah dan instansi lain," katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Bajo, Robert Hananto, membenarkan adanya kekurangan berkas tersebut. Namun pihaknya mengaku sudah mengurusnya.

"Betul ada kekurangan, tetapi sudah kita urus itu, sudah diproses, hanya belum selesai. Senin mungkin sudah selesai," tutupnya.

Simak video 'Naik Kuda, Pasangan Bajo Rival Gibran di Pilkada Solo Daftar ke KPU':

[Gambas:Video 20detik]



(bai/mbr)