Lawan Bupati Petahana, Purnawirawan Polisi Ini Daftar Pilkada Wonogiri

Aris Arianto - detikNews
Sabtu, 05 Sep 2020 18:23 WIB
Pasangan Hartanto-Joko Purnomo (Harjo) mendaftar Pilkada Wonogiri, Sabtu (5/9/2020).
Pasangan Hartanto-Joko Purnomo (Harjo) mendaftar Pilkada Wonogiri, Sabtu (5/9/2020). (Foto: Aris Arianto/detikcom)
Wonogiri -

Pasangan Hartanto-Joko Purnomo (Harjo) mendaftar Pilkada Wonogiri. Hartanto yang merupakan purnawirawan polisi ini akan menjadi lawan bupati petahana Joko Sutopo yang berpasangan dengan Setyo Sukarno (Josss).

Pasangan Harjo datang ke KPU Wonogiri bersama partai pengusung. Meliputi Partai Gerindra, PKS, PKB dan sejumlah partai yang tidak memperoleh kursi di DPRD alias nonparlemen seperti Hanura, NasDem, Demokrat, Perindo, Garuda, PBB dan Berkarya.

Ketika sampai di KPU Wonogiri sekitar pukul 14.15 WIB, tim Harjo disambut jajaran komisioner KPU. Setelah melalui serangkaian penelitian dokumen, pendaftaran pasangan Harjo dinyatakan diterima.

"Bakal pasangan calon bupati-wakil bupati Hartanto-Joko Purnomo mendaftar di hari kedua. Berdasarkan hasil penelitian dokumen, semuanya lengkap dan pendaftaran bisa kami terima. Selanjutnya menunggu jadwal pemeriksaan kesehatan," kata Ketua KPU Wonogiri Toto Sihsetyo Adi, Sabtu (5/9/2020).

Sementara itu, Hartanto mengatakan soal target kemenangan, pihaknya mematok suara 60 persen. Dia menyebut sebaran pemilih, ada warga ber-KTP Sragen yang berada di perantauan.

"Masih dalam masa pandemi. Jadi kami tidak akan mengantar jemput saudara perantau. Namun jika ada kesadaran untuk memberikan suaranya akan sangat mengapresiasinya," ujar Hartanto.

Diketahui, Hartanto merupakan pensiunan polisi dengan pangkat terakhir AKBP. Saat ini Hartanto aktif sebagai penceramah. Sedangkan pasangannya, Joko Purnomo adalah Ketua KPU Jateng periode 2014-2019 dan Ketua KPU Wonogiri dua periode 2004-2014.

(rih/rih)