Massa Berkerumun Turun ke Jalan Sambut Gibran-Teguh Daftar Pilkada

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 04 Sep 2020 15:27 WIB
Massa turun ke jalan sambut Gibran-Teguh daftar Pilkada Solo, Jumat (4/9/2020).
Massa turun ke jalan sambut Gibran-Teguh daftar Pilkada Solo, Jumat (4/9/2020). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa berangkat menuju kantor KPU untuk mendaftar sebagai peserta Pilkada Solo. Meski rombongan Gibran-Teguh hanya berjumlah puluhan orang, ternyata massa dari simpatisan dan relawan tetap menyambut Gibran-Teguh di jalanan.

Dari kantor DPC PDIP Solo, rombongan Gibran-Teguh melintasi Jalan RM Said, Jalan Menteri Supeno lalu Jalan Ahmad Yani. Saat masuk ke Jalan Letjen Suprapto, tampak massa sudah berada di tepi jalan.

Mereka mengenakan kaus dan atribut bergambar Gibran. Beberapa orang juga membawa bendera merah putih.

Tak sekadar menyambut, mereka terbagi dalam beberapa kelompok untuk melakukan aksi. Ada aksi membawa bendera raksasa, ada kelompok yang berkonvoi, ada pula kelompok yang bermain musik di tepi jalan.

Karena banyaknya massa, Jalan Letjen Suprapto menjadi macet. Pengguna jalan dari arah utara terpaksa harus berhenti sejenak saat rombongan melintas.

Massa turun ke jalan sambut Gibran-Teguh daftar Pilkada Solo, Jumat (4/9/2020).Massa turun ke jalan sambut Gibran-Teguh daftar Pilkada Solo, Jumat (4/9/2020). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Sepanjang perjalanan, Gibran-Teguh tampak melambaikan tangan kepada para pendukungnya. Sementara para pendukungnya terdengar mengelu-elukan nama putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

Rombongan Gibran-Teguh tiba di kantor KPU Solo sekitar pukul 14.30 WIB. Gibran-Teguh masuk ke lokasi dengan mencuci tangan terlebih dahulu dan melalui pengecekan suhu.

Hanya pasangan bakal calon beserta istri dan ketua-ketua partai yang boleh masuk ke dalam ruangan. Sementara sekitar 40 orang dari rombongan menunggu di halaman KPU Solo.

Sementara di luar gedung KPU, terlihat juga ada massa dari relawan Gibran-Teguh. Namun sekitar 30 menit berselang, mereka mulai meninggalkan area KPU Solo.

(rih/ams)