Kuliah Tatap Muka di Kampus-kampus Yogya Akan Dimulai Bulan Depan

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 31 Agu 2020 15:16 WIB
Selain Malioboro dan Titik Nol Kilometer, Tugu Pal Putih Yogyakarta menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan.
Tugu Kota Yogyakarta. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) menyebut akan mulai melaksanakan pembelajaran di tingkat perguruan tinggi atau kuliah tatap muka di wilayahnya. Perguruan tinggi di DIY akan memulai kuliah tatap muka pada pertengahan September 2020.

"Nanti saya segera ketemu gugus tugas bidang pendidikan yang ada di DIY dan kabupaten/kota," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji saat ditemui wartawan di Keraton Yogyakarta, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Senin (31/8/2020).

"Saya akan ajak bicara kira-kira kita nanti akan mulai kapan, lalu kita mulai SD, SMP dan SMK kapan. Yang jelas kita akan kumpulkan dulu supaya disiapkan dulu, dan kalau untuk (pembelajaran tatap muka) mahasiswa mulai September," lanjutnya.

Aji menyebut alasan pihaknya mengutamakan perguruan tinggi dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka. Menurutnya hal itu karena mahasiswa lebih dewasa dan lebih mampu menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Corona.

"Perguruan tinggi jauh lebih siap dibanding pendidikan menengah, dan peserta didiknya mahasiswa yang sudah dewasa. Kedua sarpras (sarana dan prasarana) perguruan tinggi jauh lebih lengkap dibanding sekolah," ujarnya.

"Jadi kalau (pembelajaran tatap muka) mahasiswa pertengahan September sudah dalam proses," jelas Aji.

(sip/mbr)