Terpopuler Sepekan

Kisah Tragis Teman Bisnis Sadis, 4 Orang Sekeluarga Dihabisi di Sukoharjo

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 30 Agu 2020 17:21 WIB
Pembunuhan sekeluarga di Sukoharjo direkonstruksi di Polres Sukoharjo, Kamis (27/8/2020).
Foto: Pembunuhan sekeluarga di Sukoharjo direkonstruksi di Polres Sukoharjo, Kamis (27/8/2020). (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Pada pagi harinya, Henry menjual mobil tersebut kepada seseorang dengan nilai Rp 82 juta. Uang tersebut digunakan untuk membayar utangnya yang sudah jatuh tempo pada hari itu, yakni sekitar Rp 60 juta.

Jenazah para korban baru ditemukan warga pada Jumat (21/8) malam karena tercium bau yang menyengat dari rumah korban. Polisi dapat menangkap Henry di rumahnya pada Sabtu (22/8) pukul 04.00 WIB.

Dalam proses penangkapan, Kasat Reskrim Polres Sukoharjo AKP Nanung Nugroho mengungkap, Henry melawan polisi dan tidak kooperatif. Polisi pun terpaksa menembak kedua betis pelaku.

Selama proses penyidikan, kata Nanung, tidak tampak penyesalan dari Henry. Meskipun yang dia bunuh adalah sahabat karibnya.

Nanung mengatakan pelaku sudah memiliki pemikiran untuk membunuh korban agar bisa memiliki mobil korban. Pikiran itu direalisasikan pelaku saat menyerahkan setoran rental mobil ke rumah korban.

Polisi pun yakin peristiwa tersebut merupakan pembunuhan berencana. Henry dijerat pasal berlapis, yakni Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan, Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan dan Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dengan ancaman maksimal hukuman mati.

Halaman

(sip/sip)