Perempuan Tangguh dari Jepara, Ratu Kalinyamat Diusulkan Jadi Pahlawan

Dian Utoro Aji - detikNews
Minggu, 30 Agu 2020 11:49 WIB
Silsilah Ratu Kalinyamat, Jepara, Minggu (30/8/2020).
Foto: Silsilah Ratu Kalinyamat, Jepara, Minggu (30/8/2020). (Dian Utoro Aji/detikcom)
Jepara -

Pemerintah Kabupaten Jepara saat ini tengah mengusulkan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional. Pengusulan gelar itu sudah kedua kalinya.

"Saat ini sedang diajukan kembali (usulan gelar pahlawan nasional untuk Ratu Kalinyamat) yang kedua," kata Budayawan Jepara Hadi Priyanto saat webinar tentang penguatan identitas lokal kupas tuntas Jepara dulu kini dan nanti yang diselenggarakan Swara, Kamis (27/8/2020).

Hadi mengatakan, sekitar tahun 2009 silam pemkab telah beriniasi mengusulkan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional. Namun saat itu belum terwujud. Menurutnya ada beberapa faktor gelar tersebut belum terealisasi. Di antaranya adalah sumber atau bukti sejarah. Waktu itu sumber sejarah yang digunakan merupakan sumber sekunder.

"Memang, pemkab pernah insiasi mengusulkan beliau (Ratu Kalinyamat) menjadi pahlawan nasional, tapi memang kemudian syarat-syaratnya kurang. Bukti-bukti sejarahnya, sumber primer yang kurang, karena pengajuan pertama lebih pada sumber-sumber sekunder," kata Hadi.

"Dari kisah babadnya, tradisi tuturnya, terus kemudian diperkuat lagi, dan ternyata belum memenuhi syarat, tidak ditolak," sambung dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2