Cerita Kader PDIP Dicoret dari Cawabup Klaten-Diganti Politikus Golkar

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 28 Agu 2020 16:12 WIB
Kader PDIP, Aris Prabowo yang dicoret dari bacawabup Klaten dan diganti politikus Golkar, Jumat (28/8/2020).
Kader PDIP, Aris Prabowo yang dicoret dari bacawabup Klaten dan diganti politikus Golkar, Jumat (28/8/2020). (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)

Pantauan detikcom di posko pemenangan Aris Prabowo, suasana terasa haru. Beberapa kolega yang datang pukul 13.00 WIB tampak menemui dan memeluk Aris. Isak tangis pecah di antara warga yang datang.

Diberitakan sebelumnya, PDIP kembali mengeluarkan rekomendasi untuk calon di pilkada termasuk di Jawa Tengah hari ini. Ternyata ada perubahan untuk Pilkada Wonogiri dan Klaten.

Di Wonogiri, awalnya pasangan yang mengantongi tiket dari PDIP yakni Bupati petahana Joko Sutopo berpasangan dengan Sriyono. Namun di rekomendasi yang keluar hari ini, Jumat (28/8/2020) berubah menjadi Joko Sutopo-Setyo Sukarno.

Di Klaten, awalnya yaitu petahanan Sri Mulyani-Aris Prabowo. Dalam rekomendasi yang turun hari ini menjadi Sri Mulyani-Yoga Hardaya. Pasangan baru Sri Mulyani ini merupakan Ketua DPD Golkar Klaten.

Sekretaris PDIP Jateng, Bambang Kusriyanto, mengaku tak tahu detail terkait alasan pergantian bakal calon wakil kepala daerah di Klaten dan Wonogiri.

"Kita tidak diberitahu pergantian antara Wonogiri dan Klaten, keputusan ada di sana (DPP PDIP). Tahu-tahu hari ini suruh undang mereka. Pergantian itu ada di dewan pimpinan pusat," jelas Bambang usai penyerahan rekomendasi, di kantor DPD PDIP Jateng, Semarang, Jumat (28/8).

Ketika ditanya terkait kemungkinan adanya pergantian lainnya seperti yang terjadi Klaten dan Wonogiri, Bambang tak menampik. Menurutnya masih mungkin terjadi pergantian karena ada dinamika dan belum ada penetapan KPU.

"Kemungkinan ada. Sebelum ditetapkan KPU masih ada," jelasnya.

Halaman

(rih/mbr)