Seorang Penambang Pasir Tewas Tertimbun Longsor di Sleman

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Kamis, 27 Agu 2020 18:11 WIB
Lokasi kejadian seorang penambang pasir tewas tertimbun longsor di Sleman, Kamis (27/8/2020).
Lokasi kejadian seorang penambang pasir tewas tertimbun longsor di Sleman, Kamis (27/8/2020). (Foto: Istimewa)
Sleman -

Seorang penambang pasir, Bonar (55), tewas tertimbun longsor di Dusun Tangkisan, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman. Korban merupakan warga Temanggung, Jawa Tengah.

Kapolsek Cangkringan AKP Samiyono saat dimintai konfirmasi membenarkan kejadian itu. Korban, kata dia, adalah penambang manual.

"Iya ada laka tambang, korban penambang manual dan diketahui meninggal dunia," kata Samiyono saat dihubungi, Kamis (27/8/2020).

Menurut informasi yang diterimanya, korban menambang sekitar pukul 08.00 WIB tadi. Namun tiba-tiba terjadi longsor sekitar pukul 11.45 WIB. Pada saat kejadian, korban sedang menambang pasir seorang diri.

"Awalnya tidak ada yang tahu kalau korban kena longsor. Semua sedang istirahat tapi korban masih menambang dan posisinya sendiri (saat menambang)," jelasnya.

Namun, tebing setinggi tujuh meter tiba-tiba longsor menimpa korban. Rekan-rekannya yang berada di lokasi kemudian melapor ke polisi.

"Laporan sekitar jam 12.00 WIB lebih, setelah ada laporan langsung ke lokasi dan evakuasi. Tetapi tidak tertolong, korban sudah meninggal dunia dan dibawa ke RS Bhayangkara," paparnya.

Sementara itu, di lokasi kejadian saat ini telah dipasang garis polisi. Aktivitas tambang pun dihentikan.

Terpisah, Camat Cangkringan, Supramono mengatakan pihaknya telah berulang kali meminta untuk berhati-hati saat menambang pasir. Terkait penutupan tambang lokasi kejadian itu, saat ini pihaknya masih berkoordinasi.

"Kami sudah meminta berhati-hati. Untuk penutupan lokasi kami masih koordinasikan," ujarnya.

(rih/ams)