Sudah Pernah Lihat? Begini Penampakan Makam Sunan Kudus Tanpa Kelambu

Dian Utoro Aji - detikNews
Selasa, 25 Agu 2020 13:06 WIB
Penampakan makam Sunan Kudus saat luwur atau kelambunya dilepas, Selasa (25/8/2020).
Foto: Penampakan makam Sunan Kudus saat luwur atau kelambunya dilepas, Selasa (25/8/2020). (Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Ada penampakan berbeda di makam Sunan Kudus hari ini. Tidak ada luwur atau kelambu yang mengelilingi makam Kangjeng Sunan Kudus tersebut.

Ini merupakan rangkaian dari acara buka luwur Kangjeng Sunan Kudus. Acara rutin setiap tahun itu telah dimulai sejak tanggal 1 Muharam atau tahun baru Hijriyah 1442.

"Tidak ada (kain luwur yang mengelilingi makam Sunan Kudus), ini merupakan rangkaian acara buka luwur Sunan Kudus," kata Muhammad Kharis Panitia Buka Luwur Sunan Kudus saat ditemui detikcom, Selasa (25/8/2020).

"Kita dari 1 Muharram sudah mulai rangkai acara buka luwur, yakni melepas luwur. Biasanya makam Sunan Kudus tidak ada luwurnya sampai tanggal 5 Muharram, tanggal 6 Muharram (Rabu pagi) akan mulai dipasang di Makam Sunan Kudus dan puncaknya pada 10 Muharram atau jatuh pada Sabtu (29/8)," sambung dia.

Pantauan detikcom, setelah luwur Sunan Kudus atau Jakfar Sodiq dilepas itu tampak jelas ornamen kuno mengelilingi makam. Di samping makam juga terdapat nama Sunan Kudus.

Saat dibuka itulah, tampak terlihat jelas dinding cungkup yang berbentuk kubus. Selain itu dinding dari bebatuan kapur itu terdapat ukiran dan ornamen yang cukup indah.

Makam Sunan Kudus saat masih ditutup luwur atau kelambu.Makam Sunan Kudus saat masih ditutup luwur atau kelambu. (Tangkapan layar akun Instagram @officialmedia_menarakudus)

Ornamen-ornamen itu tampak ada sela-sela. Sehingga ketika luwur dilepas peziarah bisa langsung melihat makam Sunan Kudus yang biasanya tertutup dengan luwur.

Kharis mengatakan, saat ini luwur yang akan dipasang di makam Sunan Kudus tengah dijahit. Rencana secara bertahap luwur itu akan dimulai dipasang tanggal 6 Muharram atau Rabu besok.

"Saat ini kita masih menjahit luwur makam Sunan Kudus, itu akan dipasang sunan Kudus 6 Muharram besok dan puncaknya tanggal 10 Muharram nanti," kata dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2