Saluran Irigasi Ini Disulap Jadi Kolam Ikan Konsep Edutechnopreneur

Dian Utoro Aji - detikNews
Minggu, 23 Agu 2020 08:42 WIB
Pemuda Desa Wates, Kecamatan Undaan Kudus bekerja sama dengan Undip memanfaatkan irigasi menjadi kolam ikan, Sabtu (22/8/2020).
Pemuda Desa Wates, Kecamatan Undaan Kudus bekerja sama dengan Undip memanfaatkan irigasi menjadi kolam ikan, Sabtu (22/8/2020). (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Pemuda Karang Taruna Desa Wates, Kecamatan Undaan, Kudus mengubah saluran irigasi sawah menjadi tempat budi daya ikan berkonsep edutechnopreneur. Hal ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan perekonomian warga setempat di tengah pandemi virus Corona atau COVID-19.

Dari pantauan detikcom, saluran irigasi yang berada di desa setempat kini tidak dipenuhi eceng gondok lagi, Sabtu (22/8). Tampak saluran irigasi sepanjang 300 meter dan lebar empat meter kini dipenuhi budi daya ikan. Terdapat pembatas antara kolam yang satu dengan kolam yang lain.

Perwakilan pemuda Karang Taruna Desa Wates, Aditya Saputra mengatakan, melihat kondisi saluran irigasi yang dipenuhi dengan eceng gondok, pemuda setempat kemudian mengubah saluran itu menjadi kolam ikan. Kegiatan itu dilakukan sejak bulan Juni 2020 lalu.

"Ini kan sebelumnya penuh dengan enceng gondok, kemudian dari karang taruna desa setempat membersihkan dan membuat kolam. Lahan irigasi ini diubah menjadi kolam budi daya ikan. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Undip (Universitas Diponegoro Semarang) sebagai desa binaannya," kata Aditya saat ditemui di lokasi kolam irigasi Desa Wates, Undaan, Sabtu (22/8/2020).

Pemuda Desa Wates, Kecamatan Undaan Kudus bekerja sama dengan Undip memanfaatkan irigasi menjadi kolam ikan, Sabtu (22/8/2020).Pemuda Desa Wates, Kecamatan Undaan Kudus bekerja sama dengan Undip memanfaatkan irigasi menjadi kolam ikan, Sabtu (22/8/2020). Foto: Dian Utoro Aji/detikcom

Aditya mengatakan, saat ini ada sebanyak 1.000 ikan yang ditaruh di kolam tersebut. Jenis ikan yang ditabur adalah ikan nila dan ikan tombro. Diperkirakan bulan November 2020 nanti baru bisa dipanen.

"Ya, supaya dari pemuda karang taruna ada kegiatan untuk mengisi waktu. Saat ini liburan sekolah, kuliah, karang taruna memberikan kegiatan dengan melakukan budi daya ikan. Harapannya nantinya dapat meningkatkan perekonomian warga setempat," terang dia.

Sementara itu, ketua pelaksana program binaan desa, Cahya Setya Utama mengatakan kegiatan budi daya ikan ini merupakan program binaan desa dengan memanfaatkan lahan irigasi untuk budi daya ikan nila dan tombro. Sehingga nantinya akan dibentuk kawasan edutechnopreneur di Desa Wates.

"Ini adalah program dari Undip dengan melakukan pembinaan desa, kita memberikan pendampingan untuk memanfaatkan potensi desa. Salah satunya adalah konsep edutechnopreneur pendidikan berkaitan dengan pelatihan dan pengembangan SDM supaya nantinya menjadi sebuah rintisan wisata," kata Cahya yang merupakan dosen pertanian di Undip, saat ditemui di lokasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2