Ini Penampakan Pesawat N250 Karya Habibie yang Tiba di Museum TNI AU Yogya

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Jumat, 21 Agu 2020 16:09 WIB
Pesawat N250 Gatotkaca karya Habibie tiba di Museum Dirgantara TNI AU Yogyakarta
Foto: Pesawat N250 Gatotkaca karya Habibie tiba di Museum Dirgantara TNI AU Yogyakarta (Jauh Hari/detikcom)
Yogyakarta -

Pesawat N250 Gatotkaca telah tiba di Yogyakarta pagi tadi dalam kondisi baik. Pesawat itu kini diistirahatkan di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Yogyakarta sebelum dirakit ulang.

Pantauan detikcom di kompleks Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Jumat (21/8/2020) siang ini, ada tiga truk yang mengangkut bagian-bagian pesawat yang dipisah. Satu truk trailer mengangkut badan pesawat. Dua truk lainnya mengangkut bagian sayap pesawat dan lain sebagainya.

Bagian pesawat masih berada di atas truk dan belum diturunkan. Tali pengikat pun masih belum dilepas. Ketiga truk itupun masih terparkir di depan museum. Petugas pun belum nampak akan segera menurunkan bagian-bagian pesawat itu.

Pesawat N250 Gatotkaca karya Habibie tiba di Museum Dirgantara TNI AU YogyakartaFoto: Pesawat N250 Gatotkaca karya Habibie tiba di Museum Dirgantara TNI AU Yogyakarta (Jauh Hari/detikcom)

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Fajar Adriyanto menegaskan kondisi pesawat setelah sampai di museum tidak ada kerusakan. Kendati dalam perjalanan sempat terjadi kendala.

"Tiba di sini (museum) pukul 04.30 menempuh 567 kilometer. Di pesawat tidak ada kerusakan, sepanjang perjalanan pesawat ini yang kami prioritaskan sehingga tidak ada kerusakan pada pesawat," kata Fajar saat ditemui di kompleks Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Yogyakarta, Jumat (21/8/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2