BPBD: 3 Pekerja Tertimbun Longsor Tambang Galian C di Grobogan

Febrian Chandra - detikNews
Rabu, 19 Agu 2020 11:38 WIB
Longsor di tambang galian C Blora, Rabu (19/8/2020).
Foto: Longsor di tambang galian C Grobogan, Rabu (19/8/2020). (Febrian Chandra/detikcom)
Grobogan -

Tambang galian C di Brati, Grobogan, Jateng, longsor pagi tadi. BPBD setempat menyebut ada tiga pekerja yang tertimbun longsor tersebut.

"Saat ini ketiganya masih tertimbun longsor," Kata Endang saat dihubungi detikcom, Rabu (19/8/2020).

Endang menjelaskan, selain tiga korban jiwa juga terdapat sebuah truk yang ikut turut tertimbun longsor. Sedangkan dua orang lainnya berhasil selamat dari kejadian maut itu.

Endang mengungkap identitas tiga pekerja tersebut yakni Julianto, Suwadi, dan Ridwan. Ketiganya merupakan warga Kecamatan Brati, Grobogan.

Kronologi kejadian, terangnya, saat pukul 08.00 WIB ketiga korban tersebut bersama 2 orang yang selamat sedang mengumpulkan batu. Namun sekitar pukul 08.30 WIB sebuah truk masuk ke lokasi untuk membeli batu hasil galian.

"Saat menaikkan batu ke dalam truk itu, kurang lebih pukul 09.00 WIB tebing batu di belakang truk tahu-tahu longsor,sehingga menimpa truk dan ketiga korban. Sedangkan kan dua orang lainnya berhasil menyelamatkan diri," Terangnya.

Endang menyebut, peristiwa ini terjadi di Kecamatan Brati pada sekitar pukul 09.00 WIB pagi tadi. Setelah mendapat laporan, BPBD menerjunkan personelnya.

"Belum tahu (jumlah pekerja yang diduga tertimbun longsor), kita fokus evakuasi dulu," terang Endang.

Selain BPBD, terdapat pula personel TNI, Polri, PMI, relawan yang berada di lokasi kejadian. Saat ini mereka sedang menunggu alat berat untuk mengevakuasi material longsor.

Simak juga video 'Tambang Emas Tradisional di Solok Selatan Runtuh, 9 Orang Tewas':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/mbr)