FX Rudy Akan Bagi-bagi Smartphone Gratis ke Siswa Miskin di Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Minggu, 16 Agu 2020 16:08 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono)
Solo -

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo akan membagikan smartphone atau ponsel pintar gratis kepada siswa miskin. Hal itu untuk mendukung kegiatan belajar online.

FX Rudy mengaku menerima banyak keluhan dari siswa, terutama kalangan menengah ke bawah. Banyak siswa yang mengaku kesulitan karena tidak punya ponsel sendiri.

"Yang minta itu anak-anaknya, bukan orang tuanya. Banyak yang mengeluh karena tidak punya HP," kata Rudy di Solo, Minggu (16/8/2020).

Dia mendata ada sekitar 1.500 siswa miskin di Solo. Namun jumlah tersebut masih akan disaring agar program tersebut betul-betul tepat sasaran.

"Dari 1.500 anak, akan kita saring. Saya cek dulu, sudah punya HP apa belum. Diutamakan yang tidak punya HP dan orang tuanya juga tidak punya," kata dia.

Apabila orang tua murid sudah memiliki ponsel, Rudy meminta agar orang tua menggunakannya untuk sekolah anaknya terlebih dahulu daripada untuk kegiatan yang tidak penting.

Rudy mengaku telah banyak pihak yang bersedia membantu Pemkot Solo untuk pengadaan ponsel. Antara lain ialah beberapa perusahaan melalui program tanggung jawab sosialnya.

Mengenai penerapan sekolah tatap muka, Rudy memperkirakan akan memulainya pada semester genap Januari mendatang. Hal ini dilakukan agar potensi penularan COVID-19 semakin kecil.

(bai/rih)