Rekor, Kasus Positif COVID-19 di Purworejo Tambah 35 dalam Sehari

Rinto Heksantoro - detikNews
Sabtu, 15 Agu 2020 18:09 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona atau COVID-19. (Foto: Edi Wahyono)
Purworejo -

Kasus positif virus Corona atau COVID-19 di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah bertambah 35 kasus dalam sehari. Penambahan ini menjadi yang terbanyak selama masa pandemi COVID-19.

Juru Bicara Protokol Covid-19 Kabupaten Purworejo dr Tolkha Amaruddin Sp THT KL, menjelaskan, dari 35 orang tersebut, 17 orang di antaranya merupakan pegawai Kebumen yang berasal dari Purworejo. Diduga, mereka yang mayoritas berprofesi sebagai guru itu tertular di tempat kerja atau saat dalam perjalanan.

"Dari 35 orang, 17 orang merupakan pegawai yang kerja di Kebumen dan sebagian besar adalah guru. Kemungkinannya selain tertular di daerah asal atau di tempat kerja, bisa jadi mereka terpapar di kendaraan umum saat pulang pergi," kata dr Tolkha saat dihubungi detikcom, Sabtu (15/8/2020).

"Selama pendemi COVID-19 ini, penambahan positif sebanyak 35 orang hari ini merupakan penambahan harian terbanyak karena sebelumnya per hari penambahannya tidak sampai 35 orang," jelasnya.

Di Purworejo, hingga saat ini tercatat ada 290 orang yang dinyatakan positif COVID-19. Terdiri dari lima orang dirawat, 69 orang isolasi mandiri, enam orang meninggal dan 210 orang sembuh. Pemkab Purworejo kembali mengingatkan agar masyarakat tidak kendor dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Masyarakat semakin bosan dengan kondisi seperti ini, sehingga menjadi abai dan cenderung cuek dalam menerapkan protokol kesehatan. Padahal COVID-19 masih menjadi ancaman yang semakin nyata," pungkasnya.

(sip/sip)