Hilang 3 Hari, Pemancing yang Hilang di Pantai Wediombo Ditemukan Tewas

Pradito Rida Pertana - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 10:01 WIB
Jenazah pemancing Subardi yang ditemukan tewas di Pantai Wediombo
Jenazah pemancing Subardi yang ditemukan tewas di Pantai Wediombo. (Foto: Dok. SAR Satlinmas Gunungkidul)
Gunungkidul -

Upaya Tim SAR Gabungan mencari seorang pemancing yang hilang akibat tersapu ombak Pantai Wediombo, Subardi (38) membuahkan hasil. Subardi ditemukan dalam kondisi tewas di dekat lokasi kejadian musibah (LKM).

"Sudah diketemukan pukul 07.10 WIB dan baru dapat dievakuasi pukul 07.20 WIB dengan kondisi (Subardi) meninggal dunia," kata Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I Kabupaten Gunungkidul, Sunu Handoko Bayu Sagara saat dihubungi detikcom, Jumat (14/8/2020).

Sunu melanjutkan, posisi korban saat ditemukan berada sekitar 1 kilometer sebelah barat LKM, tepatnya di tebing karang momang, Kelurahan Balong, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunungkidul.

Lebih lanjut, penemuan berawal saat search and rescue unit (SRU) 1 melakukan penyisiran darat. Ketika penyisiran tersebut, SRU 1 melihat benda mencurigakan di depan batu karang momang. Selanjutnya SRU 1 menghubungi tim kapal supaya mendekat dan memastikan benda tersebut.

"Setelah dicek, tim kapal memastikan bahwa benda tersebut adalah jenazah yang mengapung di laut. Beberapa kali tim mencoba mengevakuasi namun tim kapal terkendala dengan gelombang karena jenazah tersebut terlalu dekat dengan karang," ujarnya.

Akhirnya jenazah berhasil dievakuasi dengan cara salah satu tim yang di darat berenang menghampiri jenazah. Selanjutnya jenazah ditarik ke pinggir Pantai. "Setelah dievakuasi, jenazah diantar ke RSUD Wonosari untuk dilakukan autopsi," ucap Sunu.

Diberitakan sebelumnya, seorang warga Kapanewon Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Subardi (38) hilang saat memancing di Pantai Wediombo, Kapanewon Girisubo. Hilangnya Subardi diduga karena terseret ombak saat memancing.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I Kabupaten Gunungkidul, Sunu Handoko Bayu Sagara membenarkan kejadian tersebut. Sunu menyebut kejadian itu berawal saat Subardi beserta istri dan anaknya menuju ke Pantai Wediombo pagi tadi.

"Bersama keluarga korban berjalan menuju ke spot mancing dander yang berada di sisi timur pantai Wediombo," ucap Sunu saat dihubungi detikcom, Rabu (12/8).

Ketika tengah memancing, Subardi berada di atas batu dengan posisi membelakangi gelombang. Oleh karena itu, korban tidak menyadari bahwa ada gelombang besar dari belakang. "Seketika korban tergulung ombak terseret ke laut dan tenggelam," ujarnya.

Simak juga video 'Coba Tolong Teman, Bocah di Ciasem Subang Tewas Tenggelam':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)