Jalan Rusak 'Disulap' Jadi Sawah-Kolam Renang, Ini Kata Pemkab Rembang

Arif Syaefudin - detikNews
Minggu, 09 Agu 2020 18:19 WIB
Foto jalan rusak di Rembang ini diedit menjadi sawah hingga kolam renang.
Foto: Tangkapan layar foto di medsos soal jalan rusak di Rembang yang 'disulap' jadi sawah.
Rembang -

Ruas jalan di kawasan pertigaan Pandangan, Kecamatan Kragan, Rembang viral usai 'disulap' atau diedit netizen jadi sawah hingga kolam renang. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang angkat bicara soal keluhan kerusakan di jalan itu.

Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Rembang, Nugroho menyebut perbaikan Jalan Pandangan-Gandrirojo yang viral itu sudah menjadi prioritas pembangunan Pemkab Rembang. Surat perintah mulai kerja menurutnya sudah diterbitkan pada Juli 2020.

"Jalan tersebut sudah menjadi prioritas Pemkab untuk diperbaiki tahun 2020. Awalnya sudah kami anggarkan untuk peningkatan jalan Pandangan-Gandri melalui dana DAK sebesar Rp 12,5 miliar. Dan awal Maret sudah kami siapkan untuk tender," kata Nugroho kepada detikcom melalui pesan singkat, Minggu (9/8/2020).

Meski proyek perbaikan jalan itu sudah dianggarkan, Nugroho mengakui adanya pandemi COVID-19 atau virus Corona membuat sejumlah anggaran dialihkan, bahkan dihentikan.

"Tetapi kebijakan pusat dalam menghadapi pandemi, dana DAK (Dana Alokasi Khusus) dihentikan. Akhirnya Pemkab melakukan penyesuian anggaran, jalan tersebut dibiayai menggunakan dana DAU (Dana Alokasi Umum). Setelah proses perubahan penjabaran APBD, kegiatan tersebut kami tayang tender, dan kontrak," jelasnya.

Nugroho pun mengakui tertundanya proyek perbaikan jalan itu mengesankan Pemkab lamban.

"Jadi mungkin ada kesan, Pemkab lambat untuk menangani jalan tersebut. Tetapi sebenarnya prosesnya cukup lama dan juga menyangkut kebijakan pemerintah pusat juga," cetus Nugroho.

Kondisi jalan rusak di Rembang yang fotonya diedit netizen, Sabtu (8/8/2020).Kondisi jalan rusak di Rembang yang fotonya diedit netizen, Sabtu (8/8/2020). Foto: Arif Syaefudin/detikcom

Dia menyebut pekerjaan Peningkatan Jalan Pandangan-Gandri telah dilakukan penandatanganan kontrak Tanggal 21 Juli 2020. Kemudian Surat Perintah Mulai Kerja diterbitkan tanggal 29 Juli 2020.

"Nilai kontrak sebesar Rp 3.530.950.000 dengan penyedia PT Sinar Utama Karya. Rencana konstruksi menggunakan perkerasan kaku (Beton) sepanjang 850 meter, lebar 7 meter. Dilengkapi dengan drainase sepanjang 520 meter," tuturnya.

Sebelumnya, kondisi jalan rusak di kawasan pertigaan Pandangan menjadi sasaran kreativitas para netizen. Salah satu potret jalan rusak kemudian diedit oleh netizen dengan berbagai kreasi yang kocak.

Ada yang mengedit seolah ada orang yang memancing ikan dijalan tersebut. Ada pula yang mengedit menjadi sawah, genangan air lengkap dengan buaya, tempat memancing, sirkuit balap hingga kolam renang.

Tonton video 'Jalan Provinsi di Riau Ini Rusak Parah, Cuma Truk yang Bisa Lewat':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2