Tim SAR Lanjutkan Pencarian 1 Korban Hanyut di Pantai Goa Cemara

Pradito Rida Pertana - detikNews
Minggu, 09 Agu 2020 10:49 WIB
Satu lagi korban yang terseret ombak di Pantai Goa Cemara, Bantul ditemukan dalam kondisi meninggal, Sabtu (8/8/2020).
Proses pencarian korban hanyut di Pantai Goa Cemara (Foto: Dok. Basarnas Yogyakarta)
Bantul -

Seorang wisatawan balita yang hilang terseret ombak di Pantai Goa Cemara, Bantul masih belum ditemukan. Tim SAR gabungan melanjutkan pencarian.

Kasubsi Operasi Kantor Basarnas Yogyakarta Asnawi Suroso mengatakan pencarian di hari ke-4 ini sudah dimulai sejak pukul 05.00 WIB. Proses pencarian korban Ahmad Chairul Fatah (4) hari ini melibatkan ratusan orang dari berbagai unsur.

"Untuk hari ini Tim SAR Gabungan melanjutkan pencarian dengan melibatkan 10 SRU (search and rescue unit)," kata Asnawii lewat keterangan tertulis kepada wartawan, Minggu (9/8/2020).

Asnawi merinci sorti pertama pada pukul 05.30-09.00 WIB melibatkan SRU I yang melakukan penyisiran darat menggunakan ATV dari Pantai Samas I Sungai Progo (Trisik) sejauh 8 kilometer. Kemudian SRU II melaksanakan penyisiran darat menggunakan kendaraan amphibious dari muara Sungai Progo (Trisik)-Pantai Samas.

Selanjutnya, SRU III melaksanakan penyisiran darat ke arah barat sejauh 3 kilometer berjalan kaki dengan rute Pantai Goa Cemara-Pantai Baru. Berlanjut dengan SRU IV yang melaksanakan penyisiran darat ke arah timur sejauh 3 kilometer dengan jalan kaki Pantai Baru-Pantai Goa Cemara.

Untuk SRU V melaksanakan penyisiran laut menggunakan perahu jukung dari pantai baru jika cuaca memungkinkan. Lalu SRU VI melaksanakan penyisiran laut menggunakan perahu jukung dari Pantai Congot jika cuaca memungkinkan.

Selanjutnya sorti kedua digelar pukul 09.00-12.00 WIB, SRU VII melakukan penyisiran berjalan kaki dari Pantai Goa Cemara-Pantai Pandansimo (arah barat) sejauh 5 kilometer. Lalu SRU VIII melaksanakan penyisiran sorti kedua dengan jalan kaki dari Pantai Pandansimo-muara Sungai Trisik (arah barat) sejauh 3 kilometer.

"Untuk sorti ketiga pukul 13.00-17.00 WIB mengulang penyisiran sorti pertama, hanya tidak melaksanakan penyisiran laut. Nanti juga akan dilakukan pemantauan tim drone di Pantai Goa Cemara," ucap Asnawi.

Peristiwa nahas itu terjadi pada Kamis (6/8). Rombongan berjumlah tujuh wisatawan terseret ombak di Pantai Goa Cemara. Secara tiga hari pencarian, tinggal seorang korban yang masih belum ditemukan.

Tonton video 'Aksi Heroik Dadan Selamatkan Wisatawan yang Ditelan Ombak':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/ams)