Tempat Karaoke di Sleman Mulai Dibuka, Begini Aturannya

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Jumat, 07 Agu 2020 16:40 WIB
ilustrasi menyanyi
Foto: ilustrasi/thinkstock
Sleman -

Sejumlah tempat karaoke di Sleman sudah diizinkan untuk beroperasi kembali. Hal itu setelah dilakukan verifikasi oleh Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Sleman.

Kabid Pengembangan SDM dan Usaha Pariwisata Dinas Pariwisata Sleman, Nyoman Rai Savitri mengungkapkan, kurang lebih ada 8 tempat karaoke di Sleman diizinkan untuk beroperasi kembali. Verifikasi itu meliputi kesiapan SDM, sarana prasarana, dan mekanisme pelayanan terkait antisipasi penyebaran COVID-19.

"Kami sudah lakukan verifikasi bersama gugus tugas. Sekitar 8 tempat karaoke sudah diberi izin buka setelah melewati proses verifikasi," kata Nyoman saat dihubungi wartawan, Jumat (7/8/2020).

Dia menjelaskan, untuk standar operasional prosedur atau SOP yang harus diterapkan di setiap tempat karaoke, acuannya yaitu Pergub DIY. Dia mencontohkan, cover mic harus diganti setelah dipakai oleh orang lain.

"Sudah ada aturan dan pihak karaoke sudah menerapkan. Contohnya penggantian cover mic. Setelah dipakai ruangan dibersihkan dan diberikan jeda minimal 1 jam untuk pengunjung berikutnya," bebernya.

Dia juga menjelaskan sebelumnya ada kesepakatan antara pengelola tempat karaoke dan dinas. Jika nantinya SOP tidak diterapkan maka rekomendasi bisa dicabut.

"Pengusaha dan pengelola saat mengajukan permohonan sudah menyertakan pernyataan akan mematuhi setiap SOP kesehatan. Kalau terjadi pelanggaran, rekomendasi bisa dicabut," tegasnya.

Bagi pengunjung, Nyoman berpesan agar selalu menerapkan protokol kesehatan secara optimal.

"Seperti menggunakan masker, sering-sering cuci tangan, menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain," tutupnya.

(rih/sip)