Tembok yang Tutup Akses Jalan di Desa Sragen Akhirnya Dibongkar!

Andika Tarmy - detikNews
Selasa, 04 Agu 2020 17:36 WIB
Tembok penutup akses jalan di Dukuh Ngledok, Desa Gading, Kecamatan Tanon, Sragen dibongkar
Foto: Tembok penutup akses jalan di Dukuh Ngledok, Desa Gading, Kecamatan Tanon, Sragen dibongka. (Andika Tarmy/detikcom)
Sragen -

Tembok yang menutup akses jalan di Dukuh Ngledok, Desa Gading, Kecamatan Tanon, Sragen, akhirnya dibongkar. Sempat diwarnai negosiasi alot, akhirnya pemilik pekarangan setuju untuk memberikan satu meter lahannya sebagai akses jalan bagi warga.

Kepala Desa Gading, Puryanto mengatakan pihaknya telah melakukan upaya mediasi dengan memanggil pihak terkait ke balai desa. Dalam mediasi ini, akhirnya muncul kesepakatan untuk membongkar tembok yang menutup jalan tersebut.

"Setelah kita pertemukan dengan Muspika tadi, sertifikat (tanah) dua-duanya kita pertemukan, kan ada gambar jalan. Ya sudah tadi kesepakatan jalan itu harus tetap ada. Satu meter diambilkan dari lahan To Pawiro, satu meter dari lahan Parno, jadi total lebar jalan jadi dua meter," kata Puryanto saat ditemui detikcom di Balai Desa Gading, Sragen, Selasa (4/8/2020).

Puryanto menerangkan saat pembongkaran tembok itu sempat terjadi ketegangan antara ahli waris To Pawiro, Sonem, dengan warga setempat. Menurut Puryanto Sonem bersikukuh membangun tembok itu karena jalan tersebut masuk di lahan warisan ayahnya.

"Sempat ada perdebatan, namun kita lakukan pendekatan. Kita terangkan kepada Sonem bahwa jalan itu memang diberikan ayahnya untuk akses warga. Itu pun sebenarnya tidak seluruhnya jalan memakai lahan Sonem, ada satu meter yang memakai lahan milik Parno," terang Puryanto.

Dari kesepakatan itu, lahan Sonem akhirnya hanya diambil sekitar satu meter dan satu meter lagi diambilkan dari lahan Parno yang berada di sebelahnya. Sonem pun akhirnya merelakan lahannya selebar satu meter dan sepanjang 25 meter itu.

"Jadi jalan itu pakai lahannya Parno satu meter dan lahannya To Pawiro satu meter. Sehingga jalan yang awalnya selebar tiga meter, dipersempit menjadi dua meter saja," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2