Polisi Tangkap 2 Pencuri Puluhan Motor Spesialis TKP Sawah di Sragen

Andika Tarmy - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 14:52 WIB
Kapolres Sragen AKBP Raphael Sandy Cahya Priambodo
Kapolres Sragen AKBP Raphael Sandy Cahya Priambodo. (Foto: Andika Tarmy/detikcom)
Sragen -

Polisi menangkap dua kawanan pencuri sepeda motor (curanmor) spesialis persawahan. Mereka mengincar motor milik petani yang kerap ditinggalkan pemiliknya dalam kondisi kunci tergantung.

Dua pelaku itu yakni Yuono Eko Saputro (34), warga Dukuh Karangasem, Desa Banaran, Kecamatan Sambungmacan dan Rinto (19), warga Dukuh Ngelo, Desa Jenar, Kecamatan Jenar, Sragen. Kawanan ini bahkan sudah menggasak 23 motor dari berbagai wilayah di Sragen.

"Pelaku khusus mengincar motor-motor yang ditinggalkan pemiliknya dalam keadaan kunci masih tergantung. Mayoritas korbannya adalah petani. Tersangka ini adalah TO (target operasi) kami," ujar Kapolres Sragen, Raphael Sandy Cahya Priambodo, saat rilis hasil Operasi Sikat Jaran Candi 2020, di halaman Mapolres Sragen, Senin (3/8/2020).

Kepada polisi, pelaku mengaku sudah setahun melakoni pekerjaan haramnya itu. Keduanya mengaku berburu korban dengan cara berkeliling di area persawahan di berbagai wilayah di Sragen.

"Ketika menemukan motor yang kuncinya tergantung, mereka langsung ambil. Ketika kami lakukan pendalaman, pelaku ternyata sudah berkali-kali melakukan pencurian. Total ada 23 motor yang kami amankan," terang Raphael.

Raphael melanjutkan puluhan motor hasil curian tersebut dijual pelaku kepada seorang penadah berinisial YT (34), warga Kecamatan Jenar. Kepada YT, pelaku menjual motor-motor tersebut dengan harga sekitar Rp 1,5 juta.

"Ada motor yang masih di bengkel milik YT, ada juga yang sudah dijual lagi. Semuanya kami amankan sebagai barang bukti. Ini sekaligus sebagai pengumuman bagi warga yang merasa kehilangan motor agar segera ke Polres," tambah Kasat Reskrim Polres Sragen, AKP Supardi.

Selama Operasi Sikat Jaran Candi 2020, Polres Sragen mengamankan total empat orang pelaku dengan barang bukti 27 unit sepeda motor. Puluhan sepeda motor berbagai merek ini saat ini disimpan di halaman kantor Sat Reskrim Polres Sragen.

(ams/sip)