Kapan Pengganti Ketua DPRD Jepara Dibahas? Ini Kata PPP Jateng

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 01 Agu 2020 20:48 WIB
Ketua DPRD Jepara Imam Zusdi Ghozali meninggal dunia
Foto: Ketua DPRD Jepara Imam Zusdi Ghozali meninggal dunia (dok. Sekwan DPRD Jepara)
Yogyakarta -

Ketua DPRD Jepara Imam Zusdi Ghozali (49) meninggal dunia dan terkena virus Corona atau COVID-19. Imam merupakan politikus PPP. Lalu kapan pengganti Imam Zusdi dibahas PPP?

"Saya sudah komunikasi dengan ketua DPC PPP Jepara saudara Taj Yasin, kemungkinan setelah tujuh hari wafatnya saudara Imam akan segera dilakukan rapat DPC," kata Ketua DPW PPP Jawa Tengah Masruhan Samsurie lewat pesan singkat kepada detikcom, Sabtu (1/8/2020).

Masruhan menerangkan PPP punya 10 kursi di DPRD Jepara. Dengan meninggalnya Imam, sembilan anggota lainnya punya kesempatan yang sama untuk ditunjuk oleh DPC PPP Jepara.

"Dari 9 anggota fraksi PPP DPRD Jepara semua punya peluang sama, karena mereka sudah teruji sebagai kader PPP," terang Masruhan.

"Tugas ketua dewan sangat berat karena harus mampu mempertahankan posisi PPP sebagai 'pemenang' pada Pemilu 2024 setidaknya dengan 12 kursi. Pada pemilu 2019 PPP dengan 10 kursi sebagai pemenang sehingga dapat posisi ketua dewan," sambungnya.

Secara prosedural, DPC PPP nantinya bakal mengusulkan nama ke DPW PPP Jawa Tengah. Dari usulan tersebut DPW Jateng lalu meneruskan ke DPP untuk dimintakan persetujuan.

"Sesuai regulasi PPP, lowongan yang terjadi di posisi ketua DPRD Jepara karena wafatnya saudara Imam Zusdi Ghozali dari Fraksi PPP, dimulai dari DPC PPP Jepara mengusulkannya ke DPW PPP Jateng untuk selanjutnya dimintakan persetujuan DPP PPP. Usulan dari DPC bisa lebih dari satu orang berdasarkan keputusan rapat DPC," jelas Masruhan.

Dikutip dari situs setwan.jepara.go.id total ada 10 anggota Fraksi PPP termasuk Imam Zusdi. Mereka yaitu H Agus Sutisna, Uzlifatul Fuaidah, Bustanul Arif, Muhammad Ibnu Hajar, dan Khoirun Ni'am. Kemudian H Masykuri, Haizul Ma'arif, Hj Saidatul Haznak, dan H Subangun.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPRD Jepara Imam Zusdi Ghozali meninggal dunia terkena COVID-19 pada Sabtu (1/8) pukul 08.20 WIB. Imam meninggal dunia saat dirawat di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Selain terkonfirmasi COVID-19, Imam diketahui punya komorbid diabetes.

"Iya, ini terkonfirmasi (COVID-19), iya betul cuma dia ada penyakit penyerta dan sudah lama," kata Bupati Jepara, Dian Kristiandi saat dimintai konfirmasi detikcom lewat telepon, Sabtu (1/8).

(ams/ams)