Bikin Heboh! Sapi Kurban Nyemplung Sungai Solo, Evakuasinya Butuh 3 Jam

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 22:53 WIB
Sapi kurban yang jatuh ke dalam parit di RW 21, Kelurahan Sadang Serang, Kecamatan Coblong, Kota Bandung telah berhasil dievakuasi oleh warga dan tim Diskar PB Kota Bandung, Jumat (31/7/2020). Proses evakuasi berjalan dramatis dan memakan waktu kurang lebih dua jam.
Ilustrasi. Foto merupakan peristiwa yang terjadi di Bandung. (Yudha Maulana)
Solo -

Seekor sapi kurban terperosok ke dalam Sungai Jenes, Kelurahan Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo sore tadi. Butuh waktu lebih dari 3 jam untuk mengevakuasi sapi tersebut.

Menurut warga sekitar, peristiwa bermula pada sekitar pukul 17.00 WIB tadi. Saat itu sapi baru saja diantarkan menggunakan mobil ke Sangkrah RT 02 RW 01.

Turun dari mobil, sapi tersebut berontak hingga melompat ke sungai. Rencananya sapi itu akan disembelih besok, Sabtu (1/8).

"Kejadiannya saat baru turun mobil, sapinya mau diikat, tapi malah loncat, sampai jatuh ke kali," kata warga sekitar, Gunanto (45) kepada wartawan, Jumat (31/7/2020).

Warga kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada tim SAR. Kemudian tim gabungan SAR, sukarelawan, BPBD, Dinas Damkar dan Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (PUPR) Solo datang membantu.

Terlihat petugas kesulitan melakukan evakuasi karena sapi berada di tengah sungai dengan air yang mengalir. Namun akhirnya petugas dapat mengikatkan tambang ke tubuh sapi.

Tambang tersebut dikaitkan dengan crane Dinas PUPR. Akhirnya sapi dapat diangkat dengan selamat.

Peristiwa tersebut ternyata mengira perhatian masyarakat sekitar. Mereka pun bertepuk tangan ketika sapi berhasil dievakuasi pukul 20.15 WIB. Masyarakat lalu segera dibubarkan karena masih mewabahnya COVID-19.

(bai/sip)