Pemkab Klaten Temukan Cacing Hati di 3 Lokasi Penyembelihan Hewan Kurban

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 16:06 WIB
Cara Mengolah Hati Sapi yang Benar
Ilustrasi. (Foto: iStock)
Klaten -

Tim pemantau hewan kurban Pemkab Klaten menemukan cacing hati pada sapi di hari pertama pengawasan. Cacing hati ditemukan di tiga lokasi penyembelihan hewan kurban di Klaten.

"Cacing hati ditemukan di Perumda Belangwetan Kecamatan Klaten Utara, Desa Mandong Kecamatan Trucuk dan Kebonarum. Di Ngawen informasinya ada tapi belum laporan," ungkap Kasi Pengembangan Usaha Peternakan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Pemkab Klaten, Triyanto pada detikcom di Masjid Raya Klaten, Jumat (31/7/2020).

Menurut Triyanto, timnya di lapangan akan menganjurkan kepada warga untuk langsung menguburkan bagian yang terkena cacing. Tim pengawasan ini, kata Triyanto, akan masih bergerak sampai beberapa hari ke depan.

"Sebab ada yang salat hari ini tapi penyembelihan baru besok," lanjut Triyanto.

Dia juga mengungkap prediksi jumlah hewan kurban tahun ini menurun dibanding tahun lalu. Penyebabnya yakni pandemi virus Corona atau COVID-19.

"Kemungkinan menurun sebab beberapa pengepul dan pedagang saat sidak mengaku turun. Namun penurunan tidak terlalu besar," jelasnya.

Diwawancara di lokasi yang sama, Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Pemkab Klaten, drh Awik Purwanti, menambahkan beberapa penyakit yang diwaspadai pada hewan kurban saat ini yakni antraks dan cacing hati.

"Untuk indikasi antraks tidak kita temukan, baik sebelum hari raya atau saat pelaksanaan. Untuk cacing hati, tahun lalu juga ada temuan dan kita minta dibuang meskipun dimasak mati, tetapi karena sudah rusak nutrisinya tidak baik," terang Awik pada detikcom.

Awik mengatakan pihaknya menerjunkan 24 tim tahun ini. Satu tim terdiri dari minimal dua orang yang akan laporan hasil temuan dan selanjutnya akan dievaluasi.

"Tim ke semua wilayah, termasuk mendata jumlah hewan kurban. Tahun lalu jumlah sapi untuk kurban sebanyak 7.945 ekor, kambing 11.130 ekor dan domba 5.545 ekor," sambung Awik.

Selanjutnya
Halaman
1 2