Catatan Munculnya Embun Es di Dieng Sepekan, Suhu Terdingin Hari Ini

Uje Hartono - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 14:46 WIB
Embun es di Dieng, (30/7/2020)
Embun es di Dieng, Kamis (30/7/2020). (Foto: Dok warga Dieng, Hasta Priyandono)
Banjarnegara -

Fenomena embun es di dataran tinggi Dieng muncul 5 kali dalam 8 hari terakhir. Suhu di Dieng terdingin terjadi pada hari ini dan kemarin hingga minus 4 derajat celsius di sekitar kompleks Candi Arjuna.

Berdasarkan catatan detikcom, suhu udara di Dieng mulai turun hingga 0 derajat celsius pada Jumat (24/7) . Dengan turunnya suhu tersebut membuat embun di sekitar komplek Candi Arjuna membeku.

"Suhu udara turun hingga 0 derajat. Embun sudah mulai membeku, tetapi masih tipis dan hanya di titik tertentu," kata Hasta Priyandono, salah seorang warga Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jumat (24/7).

Suhu udara kembali turun esok harinya. Berdasarkan thermometer suhu udara tercatat turun sampai minus 3 derajat celsius pada hari itu. Embun es yang muncul lebih tebal dan luas dibanding hari sebelumnya.

"Embun es lebih tebal dan luas. Embun es juga sampai ke telaga Bale Kambang yang berada 100 meter dari komplek Candi Arjuna," terang Hasta, Sabtu (25/7).

Suhu udara juga turun sampai minus 3 derajat pada keesokan harinya, Minggu (26/7). Meski suhu turun, tapi embun es tidak muncul pada Senin (27/7). Hal ini disebabkan karena ada angin kencang yang membuat embun tidak membeku.

Tonton video 'Sudah Beberapa Hari Fenomena Embun Es Terjadi di Dataran Tinggi Dieng':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2