Kisah Penemuan Mustaka Kuno yang Kini Dipasang di Masjid Tiban Demak

Mochamad Saifudin - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 13:26 WIB
Penemuan mustaka misterius di Masjid Al Karomah, Demak pada 2005 silam, Kamis (30/7/2020).
Marbot Masjid Al Karomah, Demak, Asrori menunjukkan mustaka atau mahkota masjid kuno yang ditemukan pada 2005 silam, Kamis (30/7/2020). (Mochamad Saifudin/detikcom)
Demak -

Ada cerita unik tentang Masjid Al Karomah yang berada di Desa Tridonorejo, Demak, Jawa Tengah. Selain disebut sebagai masjid tiban, ternyata pernah ada penemuan mustaka misterius saat proses renovasi masjid pada tahun 2005 silam. Seperti apa kisah penemuannya?

"Sekitar 2005, masjid tersebut dibangun (renovasi) kemudian ditemukan (mustaka masjid). Kita sudah berupaya, karena barang temuan (benda kuno) harus diselamatkan," jelas Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Museum Glagah Wangi, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Demak, Ahmad Widodo, di kantornya Jalan Sultan Fatah, Demak, Kamis (30/7/2020).

Widodo mengungkap, mustaka tersebut ditemukan dalam kondisi terpendam tanah di dekat masjid yang juga tak diketahui kapan dibangun tersebut. Widodo juga mengungkap, ada kepercayaan masyarakat yang tak berani memakai bekas bangunan masjid meski sudah lama tak dipakai, untuk rumah pribadi.

"Lantaran akan 'memberatkan' seisi rumah atau abot sanggane," lanjutnya kemudian.

Widodo menambahkan, saat itu pihaknya sempat membawa mahkota masjid itu untuk disimpan di museum. Namun warga kemudian meminta mahkota itu dan berniat menyimpannya di masjid. Warga saat itu, cerita Widodo, mengambil kembali mahkota masjid itu karena takut kualat.

"Kita sudah bikin kotak kaca penyimpanan. Pagi diambil, sore diminta kembali," ujar Widodo.

Tonton video 'Warga Pasuruan Temukan Susunan Batu Bata Kuno Saat Bangun Irigasi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2