Pertahankan Zona Hijau, Pemkot Tegal Bentuk Relawan Mandiri COVID-19

Imam Suripto - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 22:30 WIB
Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriono meninjau posko isolasi wilayah, Selasa (31/3/2020).
Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriono (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Kota Tegal -

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono resmi melantik Relawan Mandiri COVID-19. Untuk operasional relawan berjumlah 2.004 orang tersebut, Dedy memastikan tidak akan membebani APBD.

Terpilih sebagai Ketua Relawan Mandiri COVID-19 Kota Tegal, yaitu Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi. Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono mengatakan, kegiatan relawan ini tidak memakai biaya APBD.

Dedy menambahkan, anggota relawan mandiri ini terdiri dari berbagai elemen masyarakat. Meliputi perwakilan perusahaan, perbankan, akademisi, organisasi profesi, dan organisasi masyarakat. Tugas relawan adalah membantu Gugus Tugas COVID-19 dalam menerapkan protokol kesehatan di masyarakat.

"Harapannya, masyarakat tidak terlena dengan Kota Tegal yang sudah zona hijau. Harus dijadikan ujian, bahwa pandemi ini belum berakhir. Masyarakat harus diedukasi soal penerapan protokol kesehatan," kata Dedy Yon kepada wartawan usai melantik para relawan di halaman Pendopo Ki Gede Sebayu Balai Kota Tegal, Kamis (30/7/2020).

Muhamad Jumadi selaku Ketua Relawan Mandiri COVID-19 Kota Tegal, mengatakan tim yang dipimpinnya merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat umum.

"Membantu, dalam hal ini misalnya mencegah penyebaran virus. Ini bisa dimulai dengan diri sendiri, keluarga, kemudian rekan-rekan di tempat kerja," ujar Jumadi.

(mbr/rih)