Sapi Kurban Jokowi Tiba di Masjid Agung Surakarta, Disembelih Lusa

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 20:47 WIB
Sapi Jokowi untuk kurban di Masjid Agung Surakarta, Kamis (30/7/2020).
Sapi Jokowi untuk kurban di Masjid Agung Surakarta, Kamis (30/7/2020). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbangkan dua ekor sapi kurban di Kota Solo, salah satunya di Masjid Agung Surakarta. Sapi Jokowi tiba di Masjid Agung malam ini.

Sapi ini dibawa menggunakan truk dari Polokarto, Sukoharjo. Tiba di masjid selepas Magrib, sapi diturunkan sekitar 30 menit kemudian.

Proses penurunan sapi seharga Rp 90 juta itu terbilang cukup lancar. Sapi juga tak memberontak saat dibawa ke bangsal selatan halaman masjid.

Sapi jenis limosin dengan berat 1,02 ton itu kemudian diikatkan pada tiang bangunan. Terlihat sejumlah warga ikut menyaksikan sapi dari presiden itu.

Ketua panitia kurban Masjid Agung Surakarta, Muhammad Maulud Munif, menerima surat keterangan sehat sapi dari petugas Pemkot Solo. Masjid Agung rencananya akan menyembelih hewan kurban pada Sabtu (1/8) lusa.

"Besok kita adakan salat Idul Adha, tapi karena hari Jumat, harus persiapan salat Jumat, maka penyembelihannya dilakukan Sabtu," kata Munif di Masjid Agung Surakarta, Kamis (30/7/2020).

Daging hewan kurban nantinya tidak dibagikan di Masjid Agung. Namun daging kurban akan dikirimkan oleh panitia kepada orang yang berhak.

"Karena masa pandemi COVID-19, tidak boleh ada pengumpulan massa. Tidak ada pembagian di masjid, nanti kita langsung kirimkan ke warga maupun ke lembaga sosial," ujar dia.

Hingga malam ini, ada enam sapi dan sembilan kambing yang tercatat akan didatangkan ke masjid. Namun baru terlihat ada satu sapi, yakni sapi dari Presiden Jokowi.

"Sementara sapinya 6 dan kambingnya 9. Tapi biasanya besok masih ada tambahan," tutupnya.

Selain Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta, Presiden Jokowi juga menyumbang satu ekor sapi ke Masjid Al-Wustho Pura Mangkunegaran, Solo. Sapi berjenis sama yakni limosin dengan berat 930 kg.

(rih/ams)