Wakapolri: Jelang Idul Adha, Kendaraan Keluar dari Jakarta Meningkat

Imam Suripto - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 18:44 WIB
Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono di Exit Tol Brebes Timur, Kamis (30/7/2020).
Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono di Exit Tol Brebes Timur, Kamis (30/7/2020). (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta menjelang Idul Adha tahun ini lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Peningkatan tersebut sebanyak 39 persen.

Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono menerangkan kendaraan yang keluar Jakarta dan masuk tol Cikopo meningkat 39 persen dibanding tahun lalu. Jumlah itu belum termasuk kendaraan yang keluar Jakarta melalui jalur arteri seperti Pantura. Hal itu dikatakan Eddy usai melakukan pemantauan lalu lintas melalui udara.

"Ada peningkatan kendaraan yang keluar Jakarta dan masuk Tol Cikopo sebanyak 39 persen dibanding tahun lalu," kata Gatot kepada wartawan saat meninjau arus lalu lintas di Exit Tol Brebes Timur, Kamis (30/7/2020).

Peningkatan ini, lanjut Gatot, disebabkan Idul Adha jatuh pada hari Jumat. Sehingga ada waktu libur total sebanyak tiga hari dalam sepekan.

"Kebetulan tahun ini jatuhnya pada hari Jumat dan ada libur pada Sabtu dan Minggu. Jadi aktivitas masyarakat agak sedikit meningkat sehingga ada kenaikan arus lalu lintas," terangnya.

Gatot menambahkan kendaraan yang keluar Jakarta melalui Cikopo tidak semuanya menuju Jawa Tengah dan sekitarnya. Tidak sedikit kendaraan yang keluar di Jawa Barat, seperti Subang, Purwakarta, Karawang dan kota-kota lain.

"Tadi Kapolda (Jateng) menyampaikan kendaraan yang masuk Jateng hanya sedikit yaitu 20 persen. Lebih sedikit dibanding yang masuk Cikopo karena sudah terurai. Mereka ada yang keluar melalui Karawang, Subang, Purwakarta dan kota-kota lain di Jawa Barat," ujarnya.

Meski terjadi peningkatan arus lalu lintas, menurutnya secara umum kondisi lalu lintas masih normal.

"Hasil pantauan udara, arus lalu lintas terlihat sangat normal dan tidak ada hambatan. Demikian secara nasional tidak ada laka lantas yang menonjol atau gangguan kamtibmas," terangnya.

Sementara itu, jumlah kendaraan yang melintas di Tol Pejagan-Pemalang mulai dari Rabu (29/7) pagi hingga Kamis (30/1) pagi terdata sebanyak 26.890 unit kendaraan. Terjadi peningkatan dibanding hari sebelumnya, di mana kendaraan yang melintas sebanyak 17.800 unit kendaraan.

Tonton video 'Wakapolri Tinjau Jalur Mudik Jelang Idul Adha':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/ams)