Tebing Longsor Timpa 5 Pekerja di Karanganyar, 1 Tewas

Andika Tarmy - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 16:11 WIB
Lokasi korban tertimbun longsor di Dukuh Ngetrep, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Kamis (30/7/2020).
Proses evakuasi korban tertimbun longsor di Dukuh Ngetrep, Desa Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar, Kamis (30/7/2020). (Foto: Istimewa)
Karanganyar -

Tebing setinggi 4,5 meter ambrol dan menimpa lima orang pekerja di Dukuh Ngetrep, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Satu dari lima pekerja yang berada di lokasi itu tewas.

"Pengerjaan talut kurang lebih sudah 15 hari. Pagi tadi mulai bangun talut sebelah barat untuk mengamankan tanah dapur. Saat bikin fondasi itulah tanahnya longsor," ujar Kepala Desa Kemuning, Widadi Nur Widiyoko, saat dihubungi detikcom, Kamis (30/7/2020).

Musibah longsor tersebut terjadi pukul 10.30 WIB. Saat kejadian, para pekerja sedang menyiapkan pondasi untuk menalut tebing di rumah Wiro Ngadiman (60).

Widadi melanjutkan, saat pekerja tengah memulai pembuatan pondasi itulah, tebing di atasnya longsor. Tebing setinggi 4,5 meter itu lalu menimbun para pekerja di bawahnya.

"Tanahya gembur. Kemungkinan getaran dari proses pekerjaan di bawahnya memicu longsor. Lima pekerja yang berada di bawah tebing terkena material longsor, tiga di antaranya sempat tertimbun tanah," paparnya.

Tiga pekerja yakni Suwarno (35), Sudarno (60) dan Ngadiman (40), tertimbun longsor setebal 30 sentimeter. Sedangkan dua pekerja lain, Sugimin (45) dan Pono (46) sempat tertimpa material longsor tapi bisa berhasil meloloskan diri.

"Pekerja lain dan warga langsung berlarian ke lokasi untuk menolong korban yang tertimbun. Dalam waktu setengah jam semua korban sudah berhasil di evakuasi. Dari tiga yang tertimbun, satu orang dalam kondisi meninggal dunia," terang Widadi.

Korban meninggal yakni Suwarno, yang ditemukan warga dalam kondisi tertelungkup di bawah timbunan longsor. Sementara Sudarno dan Ngadiman berhasil selamat meskipun harus dilarikan ke RSUD Karanganyar karena menderita luka. Dua korban lain, yakni Sugimin dan Pono, hanya menderita luka ringdan dan dibawa ke Puskesmas Ngargoyoso.

"Saat ini kondisi lokasi sudah digaris polisi. Saya juga sudah sampaikan ke pihak RT untuk sementara tidak mendekat ke sekitar lokasi," imbuhnya.

Terpisah, Kapolsek Ngargoyoso Iptu Yulianto membenarkan kejadian ini. Menurutnya kasus ini ditangani oleh Satreskrim Polres Karanganyar.

"Benar, kejadian (longsor) pukul 10.30 WIB. Informasi lebih lanjut silakan tanya ke Polres," ujarnya singkat.

(rih/sip)