Salat Idul Adha di Masjid Ageng dan Masjid Agung Boyolali Ditiadakan

Ragil Ajiyanto - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 14:59 WIB
Sekda Boyolali, Masruri, Kamis (30/7/2020).
Sekda Boyolali, Masruri, Kamis (30/7/2020). (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Pemkab Boyolali tak menggelar salat Idul Adha di Masjid Ageng dan Masjid Agung tahun ini. Namun, masyarakat diperbolehkan menggelar salat Id, dengan mematuhi protokol kesehatan virus Corona atau COVID-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Boyolali, Masruri, mengatakan untuk tahun ini salat Idul Adha di Masjid Ageng kompleks kantor terpadu Pemkab Boyolali ditiadakan. Begitu pula di Masjid Agung yang berada di depan rumah dinas bupati di Jalan Merbabu.

"Salat Id di Masjid Ageng dan Masjid Agung tidak diadakan," kata Masruri di kantornya, Boyolali, Kamis (30/7/2020).

Untuk penyembelihan hewan kurban di kantor Pemkab Boyolali juga tidak diadakan. Biasanya tahun-tahun lalu, di kantor Pemkab Boyolali selalu diadakan penyembelihan hewan kurban dari Bupati dan Pemkab Boyolali. Namun untuk tahun ini sementara ditiadakan karena sedang pandemi COVID-19 atau virus Corona.

Masruri menyatakan bagi warga yang wilayahnya aman dari COVID-19, diperbolehkan menggelar salat Id, tetapi harus mematuhi protokol kesehatan. Termasuk dalam penyembelihan hewan kurban juga harus sesuai protokol kesehatan.

Pihaknya telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang penyelenggaraan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban 1441 H. Di SE itu pada poin pertama disebutkan, penyelenggaraan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban hanya dapat dilaksanakan di lingkungan yang aman dari COVID-19.

Poin kedua, mengingat wilayah Kabupaten Boyolali saat ini masih berada di zona merah atau risiko tinggi, maka penyelenggaraan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban wajib dilaksanakan dengan protokol COVID-19 secara ketat.

Tonton video 'Sejumlah Imbauan Salat Idul Adha Aman Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2