Adik Ipar Jokowi Batal Maju Pilkada Gunungkidul, Siapa Penggantinya?

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 28 Jul 2020 14:12 WIB
Wahyu Purwanto, ipar Jokowi
Ipar Jokowi, Wahyu Purwanto yang batal maju Pilkada Gunungkidul. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Gunungkidul -

Adik ipar Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wahyu Purwanto mundur sebagai bakal calon Bupati Kabupaten Gunungkidul karena tak dapat restu sang kakak. Calon penggantinya pun rencananya dari ranah militer bernama Mayor Sunaryanta.

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Gunungkidul, Suparjo mengungkapkan Wahyu menyampaikan mundur dari Pilkada Gunungkidul pada Minggu (26/7). Tepatnya saat acara rapat dengan DPW NasDem DIY, Wahyu dengan para relawannya.

"Pada hari Minggu saat rapat yang dihadiri pak Wahyu, waktu itu Pak Wahyu menyerahkan komunitas yang sudah dibangun sekian lama kepada Mayor Sunaryanta," kata Suparjo saat dihubungi detikcom via telepon, Selasa (28/7/2020).

"Penyerahan itu disaksikan orang banyak, artinya kan itu Pak Wahyu condong ke Pak Mayor (sebagai penggantinya)," lanjut Suparjo.

Suparjo menjelaskan Sunaryanta bukan kader NasDem namun dia telah mengikuti proses penjaringan bakal calon Pilkada. Sunaryanta juga diketahui merupakan putra asli Gunungkidul dan merupakan anggota TNI Angkatan Darat (AD).

"Pak Sunaryanta background-nya mayor angkatan darat murni, TNI murni, dia itu anak kesayangan Ryamizard Ryacudu. Dia juga putra asli Gunungkidul, tepatnya Kecamatan Nglipar," terang Suparjo.

Dia menjelaskan pihaknya kini tinggal menunggu hasil rekomendasi dari DPP NasDem terkait pencalonan Sunaryanta.

"Secara pribadi, dulu saat penjaringan mengajukan nama Pak Mayor dan diusulkan ke DPW (NasDem DIY). Tapi soal sampai pusat atau tidak tugas saya sudah selesai, intinya kita tinggal menunggu rekomendasi (dari DPP NasDem)," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Partai NasDem berencana mencalonkan Wahyu Purwanto di Pilkada Gunungkidul. Presiden Joko Widodo lalu meminta Ketum NasDem Surya Paloh agar partainya tidak mencalonkan iparnya tersebut.

Tonton video 'Syarat Dukungan Penantang Gibran Lengkap, Tunggu Verfak KPU Solo':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2