Puluhan Kg Emas yang Ditemukan Warga Klaten Disimpan di Museum Nasional

Achmad Syauqi - detikNews
Selasa, 28 Jul 2020 14:07 WIB
Foto perhiasan emas temuan di rumah situs Wonoboyo, Klaten, Minggu (19/7/2020).
Foto perhiasan emas temuan warga yang dipajang di rumah situs Wonoboyo, Klaten, Minggu (19/7/2020). (Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Cerita penemuan puluhan kilogram perhiasan emas oleh enam warga Klaten pada 1990 silam masih menarik diulas. Pamong budaya madya BPCB Jateng, Deny Wahju Hidajat mengungkap perhiasan-perhiasan itu kini disimpan di Museum Nasional Jakarta sebagai masterpiece.

"Tidak cuma temuan besar di Jateng. Temuan emas di Wonoboyo yang disimpan di Museum Nasional Jakarta itu jadi masterpiece," ujar Denny kepada detikcom, Senin (27/7).

Benda-benda itu diduga merupakan peninggalan masa Mataram Kuno abad 8-9 M. Deny mengungkap jumlah perhiasan emas yang ditemukan di Desa Wonoboyo, Kecamatan Jogonalan, Klaten itu beratnya mencapai 27 kg. Ditambah dengan berbagai perhiasan dan benda lainnya dari perak.

Perhiasan emas yang ditemukan saat itu berupa gelang, kelat bahu, badong, tas, bokor, koin uang emas dan lainya.

"Temuan di Desa Wonoboyo itu ada dua peruntukan. Ada untuk alat upacara dan perhiasan," jelas Deny.

Diberitakan sebelumnya, harta karun itu ditemukan oleh enam orang petani yakni Widodo, Wito Lakon, Hadi Sihono, Surip dan Sumarno. Tak hanya emas, kala itu mereka juga menemukan batu-batu besar tak jauh dari lokasi penemuan emas. Diduga lokasi tersebut dulunya merupakan permukiman pejabat kerajaan.

Kini di lokasi penemuan tersebut dibangun Rumah Situs Wonoboyo. Foto-foto semua barang yang dulu ditemukan di lokasi tersebut, dipajang di rumah tersebut. Foto juga dilengkapi dengan keterangan gambar, berat barang hingga lokasi penyimpanannya sekarang.

(sip/ams)