Angka Pernikahan Dini di Jepara Tinggi, 52,12% karena Hamil Duluan

Dian Utoro Aji - detikNews
Senin, 27 Jul 2020 14:35 WIB
Pengadilan Agama Jepara
Foto:Jumpa pers tentang pengajuan dispensasi pernikahan di Pengadilan Agama Jepara. (Dian Utoro Aji/detikcom)
Jepara -

Pengadilan Agama Kabupaten Jepara menyebutkan angka pernikahan dini di kota Ukir terbilang tinggi. Separuh lebih dari pernikahan dini di Jepara karena hamil duluan.

"Jadi pernikahan dini, kecenderungan pernikahan di bawah 19 tahun, itu cukup tinggi dan tidak hanya di Jepara, bahkan di seluruh wilayah kabupaten di Indonesia," kata Kepala Pengadilan Agama Jepara, Faiq saat jumpa pers di kantor Pengadilan Agama Jepara, Senin (27/7/2020).

"Saya tidak perlu menjelaskan, yang jelas ada 400 perkara, 500 perkara (di luar Jepara). Di Jepara itu rata-rata radak (agak) sedikit, luar kota ada yang 260 perkara," sambung dia.

Faiq mengatakan, jumlah perkara dispensasi di Jepara selama Januari hingga 24 Juli 2020 ada sebanyak 236 perkara. Dari data itu sebanyak 52,12 persen dispensasi nikah karena hamil duluan. Sedangkan 47,88 persen karena keinginan dari kedua orang tua menikahkan anaknya.

"Dari 236 perkara di Jepara, yang karena hamil duluan 52,12 persen. Artinya 50 persen lebih sedikit tidak dianggap 100 persen, dan 47,88 persen yang tidak hamil (karena keinginan kedua orang tua menikahkan anaknya)," ujar Faiq.

Lebih lanjut, menurut Faiq mengatakan salah satu faktor dispensasi nikah karena kehamilan. Kemudian faktor lain adanya keinginan orang tua. Tidak dipungkiri di Jepara ada orang tua yang menikahkan anaknya meskipun usianya belum cukup.

"Faktornya salah satu itu (hamil duluan). Karena keinginan orang tua, itu juga menjadi salah satu ironi kami bahwa anak masih belum cukup umur oleh orang tua segera mau dinikahkan. Anak bersangkutan mereka tidak ada unsur keterpaksaan. Orang tua mau anak juga mau, tidak unsur keterpaksaan," ujar Faiq.

Tonton video 'Heboh Tukang Pijat di Pinrang Sulsel Nikahi Gadis 12 Tahun':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2