Mengenal Kadga, Bentuk Awal Mula Keris

Kristina - detikNews
Sabtu, 25 Jul 2020 15:33 WIB
Katga, koleksi Museum Sonobudoyo, Yogyakarta, Jumat (24/7/2020).
Kadga, koleksi Museum Sonobudoyo, Yogyakarta, Jumat (24/7/2020). (Foto: Kristina/detikcom)
Yogyakarta -

Seiring berjalannya waktu, pusaka seperti keris mengalami perkembangan, baik dari segi bentuk maupun ukuran. Keris pertama kali dalam sejarah, seperti yang berada dalam koleksi Museum Sonobudoyo, Yogyakarta, terlihat sederhana dan tidak memiliki pamor. Keris tersebut dinamakan Kadga.

Kadga dibuat pada masa Kerajaan Hindu-Buddha. Benda ini awalnya merupakan senjata tikam seperti belati. Terdapat pegangan melintang pada gagang Kadga yang berfungsi agar tidak terjatuh saat dipegang. Berbentuk lancip untuk versi Hindu dan agak tumpul untuk Buddha. Berukuran pendek kurang lebih sekitar 10 cm. Kadga inilah yang kemudian menjadi cikal bakal keris Nusantara.

Ditinjau dari segi estetis, Kadga memiliki estetika yang tergolong sederhana. Dikatakan pula oleh Sumitro, Kurator Keris Museum Sonobudoyo (Purn.) bentuk Kadga masih biasa saja.

"Kalau yang paling tua sekali, kita punya awal mulanya keris. Ini belum mengenal nilai penampilan istilahnya belum mengenal estetika. Masih biasa saja. Namanya Kadga," kata Sumitro saat ditemui detikcom di ruang penyimpanan Museum Sonobudoyo Unit II, Jumat (24/7/2020).

Cara pemegangan Kadga juga berbeda dengan keris yang lainnya. Layaknya senjata tikam. Ujung mata Kadga akan mengarah ke bawah.

Replika Katga, koleksi Museum Sonobudoyo, Yogyakarta, Jumat (24/7/2020).Replika Kadga, koleksi Museum Sonobudoyo, Yogyakarta, Jumat (24/7/2020). Foto: Kristina/detikcom

Pada awalnya Kadga berukuran panjang. Seiring perkembangan waktu terjadi pengurangan ukuran. Kadga dengan ukuran panjang dinamakan Pedang Nandaka Kadga.

"Jadi Kadga dulunya itu berukuran panjang. Namanya Pedang Nandaka Kadga. Itu pedangnya panjang. Seiring berjalannya waktu itu dipendekkan dibuat seukuran pisau belati," lanjut Sumitro.

Jika berkunjung ke Candi Borobudur, Kadga dapat ditemukan dalam beberapa relief yang ada di candi. Dapat diamati pula senjata yang dibawa oleh patung Gupala merupakan Kadga.

Selanjutnya
Halaman
1 2