Soal Amien Rais Dikeluarkan PAN, DPW Jateng: Arus Bawah Kecewa

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jumat, 24 Jul 2020 18:02 WIB
Amien Rais hadiri Rakernas PAN, Sabtu (7/12/2019).
Amien Rais hadiri Rakernas PAN, Sabtu (7/12/2019). (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Semarang -

Politikus senior sekaligus salah satu pendiri PAN Amien Rais mengaku dikeluarkan dari partai yang diinisiasinya itu. Hal itu membuat kecewa kader PAN di Jawa Tengah karena Amien sebagai sosok 'bapak' dikeluarkan oleh 'anak-anaknya' sendiri.

Wakil Ketua DPW PAN Jateng, Agung Wisnu Kusuma mengatakan dirinya mendapat banyak pesan soal kekecewaan itu dari kader PAN di Jateng. Beberapa pesan sempat diperlihatkan kepada detikcom.

"Yang dirasakan di tingkat bawah itu gela, kecewa, walau sudah ada statement dari DPP kalau Pak Amien masih milik kami (PAN)," kata Agung kepada detikcom, Jumat (24/7/2020).

Meski ada statement DPP PAN soal Amien masih bagian dari PAN, namun Agung menjelaskan pada kenyataannya pendiri PAN itu tidak memiliki jabatan apapun.

"Pak Amien tidak menjabat apa-apa sekarang, itu sangat disayangkan," ujarnya.

Agung menjelaskan bahkan sudah ada kader yang mulai pamit setelah beredarnya informasi Amien Rais dikeluarkan dari PAN.

"Sudah ada yang mulai mengikuti di daerah," tandasnya.

Ungkapan 'dikeluarkan' yang muncul dari Amien Rais, menurut Agung masih ungkapan halus. Menurutnya, karena adanya perbedaan pendapat, karena Amien lebih memilih mengkritik pemerintah maka Amien seolah disingkirkan.

"Pak Amien itu tokoh, seperti bapak, masak ya tega 'anak-anaknya'. Bukan mendewakan, ya, tapi Pak Amien itu role model. Ya analoginya nanti ada, lha bagaimana kalau 'anak' durhaka kepada 'bapak'," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2