PAN DIY: Amien Rais Ngaku Dikeluarkan Itu Sindiran!

Pradito Rida Pertana - detikNews
Jumat, 24 Jul 2020 11:11 WIB
Amien Rais hadiri Rakernas PAN, Sabtu (7/12/2019).
Amien Rais. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Yogyakarta -

Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebut pengakuan Amien Rais soal dikeluarkan dari PAN sebagai sindiran ke pengurus partai. PAN DIY mendukung langkah Amien karena sesuai dengan konstituen PAN selama ini.

"Jadi gini, pernyataan Pak Amien itu kan lebih bersifat satire atau sindiran, dia menggunakan istilah dikeluarkan, tapi itu ada konteksnya, ada maknanya," kata Ketua DPW PAN DIY, Nazaruddin saat dihubungi wartawan, Jumat (24/7/2020).

Nazaruddin melanjutkan makna itu adalah pesan kepada kader agar menegakkan konstituen PAN. Di mana selama ini konstituen PAN tidak menghendaki bergabung ke dalam Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Maksud Pak Amien itu gini, jadi dia kan sudah wanti-wanti sejak awal bahwa sebagai sesepuh PAN tidak setuju PAN dibawa ke rezim saat ini. Karena menurut beliau konsituen PAN itu mayoritas tidak menghendaki PAN dibawa ke rezim Jokowi," ucapnya.

Dia menilai Ketua Umum PAN saat ini ngotot bergabung dengan pemerintahan Jokowi. Bahkan, Nazaruddin menyebut untuk memuluskan jalan tersebut, jalan yang diambil yakni dengan menyingkirkan Amien Rais dari PAN.

"Tapi justru kan Ketua Umum dan jajaran DPP PAN ngotot bergabung dengan rezim, bahkan untuk memuluskan jalan itu kan justru langkah yang diambil menyingkirkan Pak Amien dari jajaran PAN. Nah, itulah yang disebut dengan dia dikeluarkan oleh anak buahnya karena beda prinsip," imbuh Nazaruddin.